oleh

Gagalkan Penyeludupan Satwa Endemik

-Metro-139 views

SORONG – Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong gagalkan upaya penyeludupan satwa endemik Papua di Pelabuhan Sorong, Senin (2/8). Satwa tersebut adalah 2 ekor burung jenis Nuri Bayan (Eclectus roratus) dan Nuri Kepala Hitam (Lorius lory).

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong, I Wayan Kertanegara mengungkapkan, penangkapan satwa endemik tersebut dilakukan saat KM Gunung Dempo hampir berangkat.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Saat kapal sudah hampir berangkat tiba-tiba ada oknum berlarian menuju kapal tersebut. Yang bersangkutan membawa karung. Setelah dicek ternyata ditemukan 2 ekor burung nuri jenis Nuri Bayan (Eclectus roratus) dan Nuri Kepala Hitam (Lorius lory). Kedua satwa itu termasuk endemik Papua yang dilindungi, sehingga langsung kami amankan,” terang Wayan.

Kegiatan pengawasan tersebut telah menjadi agenda rutin oleh Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengimplementasikan kesepakatan bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian yang telah dilaksanakan di pusat.

Ia menerangkan, saat ditemukan dua ekor nuri tersebut masih dalam keadaan sehat. Sehingga usai satwa tersebut diamankan, selanjutnya diserahterimakan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat.

“Karena satwa Tersebut ditemukan dalam kondisi masih hidup dan sehat maka selanjutnya kami serahkan kepada BBKSDA. Dengan tujuan satuan tersebut nantinya akan dikembalikan ke habitat asalnya,” jelas Wayan.

Dalam kegiatan serah terima tersebut,  dihadiri oleh Kepala Polsek Pelabuhan Laut Sorong, KP2 Bandara DEO Sorong, Kepala BKSDA Papua Barat, Penyidik Dirpolairut Papua Barat, dan POM AL serta pejabat fungsional SKP Sorong. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed