oleh

Festival Film Papua Angkat Kisah Perempuan

-Metro-837 views

SORONG– Festival Film Papua ke III dengan mengambil tema Perempuan Penjaga Tanah Papua yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 9 Agustus 2019 berlangsug di gedung Keik Malamoi Km 13, Selasa (6/8) dibuka Kadis Pendidikan Kabupaten Sorong, Kepas Kalasuat S.Pd, M.Pd.

Film film yang diputar pada festival film Papua ke- III ini berupa film dokumenter yang  dibagi dalam 3 tema yaitu perempuan dan kebudayaan,  perempuan dan perannya dalam pembangunan serta perempuan dan lingkungan hidup.

Ketua Panitia Festival Film Papua ke III, Agus Kalalu mengatakan, kegiatan ini merupakan kali ke III diadakan namun pertama kali di tayangkan di Kota Sorong dengan tema Perempuan Penjaga Tanah Papua.

“Sebenarnya  yang melatarbelakangi dibuatkan film dokumenter ini dilihat dari banyak hal yang masih terpendam di Papua sehingga bagaimana harus diungkapkan oleh sebab itu kami bersama dengan Tim Papuan Voice, membuat film sebagai alternatif terbaik yang mudah untuk dipahami orang karena dengan pemutaran film maka masyarakat akan menonton dan tahu tentang tujuan dari film tersebut tanpa kami harus jelaskan,”jelasnya kepada wartawan.

Agus mengaku ada sekitar  17 film dokumenter yang dibuat namun yang terpilih hanya  10 film dan akan diputar pada fastival kali ini untuk dinilai oleh 4 juri yang berasal dari Malaysia, Jakarta dan dari Jayapura.

“Kami juga mengambil 4 juri, 1 diantaranya berasal dari Jakarta, 2 juri dari Jayapura dan 1 juri dari Malaysia yang pernah membuat film dokumenter”terangnya.

Selain diadakan fastival film, diakui Agus bahwa dirinya pun merangkul masyarakat sekitar untuk mengadakan pameran baik tas lokal, kuliner, aksesoris Papua dan etnik suku Moi sebab pemutaran film kali ini berada didaerah Malamoi.

“Kami tidak berikan biaya administrasi bagi mereka yang mau mengadakan pameran di sini,”tandasnya, sembari mengatakan, pada dasarnya rangkatan  kegiatan ini menuju pada hari Masyarakat Adat Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2019. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed