oleh

Enam Putra Papua jadi Prajurit Kopassus

-Berita Utama-1.973 views

JAYAPURA-Enam putra asli Papua, ditempa menjadi prajurit elit TNI berbaret merah, Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Satu dari enam putra Papua ini merupakan perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua (Letda).  Mereka yakni Letda Inf Naftali Kawari asal Mariadei Kabupaten Kepulauan Yapen. Serda Donatus Boyou asal SP 1 Timika. Serda Alfons Manibui asal Wosi Manokwari. Serda Firman Halomoan Naa asal Ayamaru. Prada Muhamad Nurkrisna Putra asal SP 2 Timika dan Prada Elton Sonyufu asal Depapre Jayapura. 

Danjen Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa saat menutup pendidikan komando (Dikko) angkatan 103 di Pantai Permisan Nusakambangan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, Rabu (14/8) terharu dengan lulusnya enam putra asli Papua menjalani pendidikan komando selama 7 bulan.   Dia pun berbincang dengan mantan siswa asal Papua ini yang ternyata mereka adalah prajurit Tamtama dan Bintara yanng dilantik menjadi prajurit TNI AD oleh Jenderal asal Bali ini ketika menjabat Kasdam XVII/Cenderawaih 2018 lalu.

Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus adalah lembaga pendidikan khusus dibawah satuan Kopassus. Lembaga ini bermarkas di Batujajar Bandung Jawa barat.   Pendidikan komando menerapkan mekanisme pendidikan dengan sistem gugur, artinya sepanjang pelaksanaan pendidikan bila peserta didik dinyatakan tidak sanggup melanjutkan pendidikan akan dikembalikan ke satuan awal. 

Pendidikan Komando angkatan 103, awalnya diikuti 177 peserta. Namun dalam proses pendidikan, 27 peserta dinyatakan tidak berhasil menyelesaikan pendidikan. “Untuk yang lulus pendidikan 150 peserta,” kata I Nyoman Cantiasa dalam siaran pers yang diterima Radar Sorong, Kamis (15/8).  I Nyoman Cantiasa menekankan kepada prajurit agar senantiasa berbakti kepada orang tua dan keluarga dengan mengukir prestasi yang membanggakan dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara sebagai prajurit komando. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed