oleh

Empat Hari Dirawat, Dipastikan Positif Corona

SORONG – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah 4 hari dirawat di RS Rujukan Coronavirus Disease-2019  (Covid-19) dipastikan positif terjangkit virus corona. PDP tersebut, perempuan berusia 42 tahun yang beralamatkan di Kelurahan Tampa Garam. Dia diketahui juga memiliki penyakit bawaan hingga harus dirawat di RS Rujukan Covid-19 Kampung Baru. Dengan demikian, hingga kini kasus positif corona di Kota Sorong naik menjadi 98 kasus.  

”Kami telah menerima hasil pemeriksaan sampel dari Balitbangkes Makassar se­banyak 73 sampel. Dimana, dari 73 sampel yang hasilnya sudah keluar, ada satu PDP yang dinyatakan positif Covid-19. Saat ini kami sudah tidak menggunakan inisial nama pada orang yang ­positif corona karena banyak yang memiliki inisial nama yang sama,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan  Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku saat konfrensi pers di lobby kantor Walikota Sorong, Minggu (5/7). 

Saat ini lanjut Ruddy, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan 410 sampel yang dikirim ke Laboratorium Balitbangkes Makassar. Dia berharap semoga tidak ada penambahan yang signifikan. Hingga kini  Tim Surveilance Gustu Covid-19 Kota Sorong sudah melakukan rapid test kepada 1.593 orang. 

Adapun rincian data secara  keseluruhan perkembangan Covid-19 di Kota Sorong, Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 702 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 274 orang (211 selesai, 63 proses pemantauan), sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 57 orang (45 ­selesai pengawasan, 12 proses).” ­Untuk kasus meninggal akibat Covid-19 di Kota Sorong berjumlah 12 orang dan pemeriksaan laboratorium ne­gative Covid-19 berjumlah 676,” tuturnya.

Dengan bertambahnya ­kasus positive corona di Kota Sorong, Ruddy mengharapkan masya­rakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di­antaranya menjaga jarak, hindari kerumunan, gunakan masker saat berpergian, rajin mencuci tangan serta jaga kebersihan diri, rumah maupun lingkungan. ­“Memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, ini peran bersama,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed