oleh

Edukasi dan Peduli Lingkungan, Ajak Anak Tanam Pohon

-Metro-1.255 views

SORONG-Sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas bertambahnya nikmat umur yang ke-48 tahun, Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, Julian Kelly Kambu, ST,M.Si mengajak keluarga kecilnya untuk peduli lingkungan dengan menanam pohon di Bandara DEO Sorong, Jumat (4/1).

  Menurut, Pace Lingkungan, sapaan akrabnya bahwa merayakan Hari Ulang Tahun, tidak harus berhura-hura atau hanya merayakan demi kepentingan sendiri tetapi tujuannya karena cinta untuk melakukan sesuatu demi Kota Sorong, sehingga dengan menanam pohon juga sebagai suatu edukasi terhadap warga dan khususnya kepada keluarganya agar menjaga dan mencintai lingkungan. Kemudian dipilihnya di halaman Bandara DEO karena berada di tengah kota untuk menjadikan green airport.

  Selain itu, dengan menanam pohon merupakan salah satu visi-misi ke lima dari Pemerintah Kota Sorong yaitu meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang berpedoman kepada Undang-undang Otonomi Khusus pasal 63, bahwa prinsip pembangunan di Tanah Papua harus berpedoman kepada pembangunan yang berwawasan lingkungan.

  “Ada yang merayakan ke pantai atau tempat lainnya itu sudah biasa. Tetapi saya lebih pilih mengajak anak-anak saya untuk menanam pohon agar mereka dapat mencintai lingkungan. Ini bukan proyek tapi ini secara pribadi. Kami berikan 12 pohon dengan beberapa jenis yaitu Bougenville, Ketapang Cendana, Phyllanthus Amarus. Gerakan moral ini dilakukan agar Bandara DEO ke depan menjadi bandara hijau (green airport ) yang sejuk dan orang menunggu bisa melakukan aktivitas santai di bawah pohon,” jelasnya usai melakukan penanaman pohon di Bandara DEO, Jumat (4/1).

  Salah satu anak dari Pace Lingkungan, Ladies Kambu, mengatakan bahwa ia sangat senang bisa diikutsertakan dalam kegiatan menanam pohon yang merupakan hal pertama bagi pelajar kelas 2 SMP tersebut. “Pohon ini manfaatnya untuk mengurangi polusi udara dan pencemaran lingkungan. Semoga bapak sehat selalu dan sukses selalu,” ujarnya.

  Sementara itu, Kepala Bandara DEO Sorong, Agus Irianto mengapresiasi penanaman pohon tersebut sehingga menyaksikan langsung penanaman yang dilakukan. Menurutnya, pihak Bandara DEO Sorong sangat terbuka dan menerima atas kegiatan positif tersebut, sehingga diharapkan pada semua stakeholder maupun instansi lainnya juga dapat berkontribusi untuk menghijaukan Bandara DEO Sorong.

  “Saya sangat welcome saat ditawari untuk penanaman pohon di bandara. Kalau sudah tertanam akan kita pelihara dan rawat. Pada dasarnya kami mendukung untuk menghijaukan Bandara DEO, kami siap menerima pohon dari instansi lainnya. Saya berharap masyarakat agar sama-sama menjaganya karena suka terjadi kehilangan pohon,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed