oleh

Econusa Mulai Berkiprah di Kaimana

-Sorong Raya-357 views

KAIMANA-Econusa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan, dan untuk meingkatkan berbagai inisiatif, baik lokal ke tingkat Nasional dan Internasional dalam rangka pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Tanah Papua. Termasuk Kabupten Kaimana, maka Yayasan Econusa menyelenggarakan kegiatan lokakarya, sebagai awal kiprahnya di Kaimana. 

Lokakarya dengan thema pengelolaan SDA yang berkelanjutan di Kabupaten Kaimana,  berlangsung di Hotel Grand Papua, Senin (2/12). Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Pimpinan OPD diruang lingkup Pemda Kaimana. 

Mewakili Pemerintah Daerah Kaimana sekaligus mebuka kegiatan lokakarya tersebut, Sekretaris Bappeda Kaimana Akbar Sofyan Inan, S. IP dalam sambutannya mengatakan bahwa pembanguan suatu kabupaten tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah. Melainkan lebih membutuhkan bantuan dari stakeholder baik di daerah, maupun  yang ada di Indonesia untuk turut membantu. Hal yang paling mudah yang diambil oleh pemerintah daerah Kabupaten Kaimana adalah, mengekstrasi semua SDA yang telah ada.

“Meskipun pemerintah telah mengambil langkah tersebut, tetapi patut di ketahui bahwa SDA Kaimana akan dibatasi, untuk diperbahurui. Untuk itu harus ada cara untuk mengambil langkah yang bijak untuk melakukan pembangunan,” Jelasnya. 

Untuk itu mewakili pemerintah daerah, dirinya sangat berterima kasih kepada Econusa, yang telah hadir untuk membantu pemerintah daerah dalam mengelola SDA secara berkelanjutan. Hal yang perlu diktehui adalah SDA jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi kutukan, yang mana daerah yang memiliki SDA melimpah tidak menjamin kemakmuran rakyat.

Sementara itu Manager Program Econusa Papua Natalie Jaya Tangkepayung saat dikonfrimasi mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkab Kaimana yang telah memberikan ruang kepadanya pihaknya di Kabupaten Kaimana. Dirinya mengatakan bahwa hadrinya Econusa untuk menjadi jembatan, untuk meningkatkan Inisiatif Lokal Ke tingkat nasional, dan bahkan tingkat Internasional.

“Kami akan mendorong segala inisiatif local yang ada di kabupaten Kaimana ke tingkat yang lebih tinggi, contoh Pariwisata, dan hal-hal apa saja yang baik untuk di perkenalkan oleh dunia luar yang ada di kabupaten kaimana. Di Papua Barat, Kaimana akan menjadi kota pertama untuk dilakukan survei, karena dari seluruh Kabupaten Di Provinsi Papua Barat hanya Kaimana yang tidak ada perkebunan kelapa sawit,” jelasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed