oleh

Dukung Ketahanan Pangan Melalui Benih Unggul

-Metro-477 views

AIMAS-Kabupaten Sorong dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan gebyar perbenihan tanaman pangan nasional VII yang dilaksanakan di Gedung Aimas Convention Center (ACC) Kabupaten Sorong, Senin (28/10). 

Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Otonomi Setda Papua Barat, Drs. Musa Kamudi,M.Si mengatakan, perbenihan merupakan aspek penting dalam dunia pertanian, produktivitas hasil pertanian juga bergantung pada benih yang disemai.

Melalui kegiatan ini diharapkan petani di Indonesia khususnya di Papua Barat dapat memanfaatkan kesempatan mendapatkan informasi sekaligus mendapatkan benih untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Hasil pertanian juga bergantung dari bibit atau benih yang disemai atau ditanam, melalui kegiatan ini, kita harapkan bagi petani mendapatkan informasi dan juga jenis bibit yang tepat” kata Musa Kamudi.

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo yang diwakili oleh Direktur Perbenihan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, M. Takdir Mulyadi menyebutkan, 2019 pemerintah menetapkan sasaran produksi padi sebesar 82,5 juta ton gabah kering giling, jagung sebesar 30 juta ton, kedelai 2,2 juta ton biji kering untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional yang terus meningkat. 

“Salah satu strategi untuk mencapai sasaran produksi adalah menggunakan benih varietas unggul bersertifikat,” ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,S.H.,M.Si mengapresiasi pelaksanaan gebyar Perbenihan tingkat nasional di Kabupaten Sorong. Kabupaten Sorong sendiri termasuk salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat yang sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian.

“Kontribusi benih bermutu bersertifikat sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan produktivitas terutama komoditi-komoditi, dengan harapan agar dapat memotivasi dan mendorong bekerja lebih giat,” ucapnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed