oleh

Dukung 100 Hari Kapolri, Sat Lantas Rilis 3 Program

AIMAS – Setelah Sat Reskrim dan Sat Intelkam, kini giliran Sat Lantas Polres Sorong yang memperkenalkan berbagai inovasinya kepada masyarakat. Tentu saja tak ingin kalah dari kedua satuan sebelumnya, Sat Lantas Polres Sorong merilis 3 inovasi terbarunya guna memaksimalkan tingkat pelayanannya kepada masyarakat.

Program pertama yang dirilis adalah inovasi berbasis IT dengan menghadiekan aplikasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Aplikasi ini digunakan sebagai indikator atau tolak ukur dari keberhasilan satuan lalulintas dalam pelayanan publik, khususnya di satuan penyelenggara adminitrasi SIM atau lebih dikenal dengan Satpas Polres Sorong.

Kasat Lantas Polres Sorong, AKP Stefani Ivonne Tasane, S.IK mengatakan, adapun maksud dan tujuan dari aplikasi SKM tersebut dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap pelayanan publik di Satpas Polres Sorong.

“Aplikasi SKM yang berada di Satpas Polres Sorong sudah mengacu pada indikator penilaian yang ada di Kemenpan RI, sesuai dengan Permenpan nomor 14 tahun 2017. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan kepada petugas dalam menampung kritik dan saran dari masyarakat. Sehingga petugas akan langsung menindak lanjuti terkait kritik dan saran tersebut demi perbaikan pelayanan publik khususnya di Satpas Polres Sorong,” jelas Kasat Lantas.

Aplikasi didukung dengan server yang berada di Satpas Polres Sorong sehingga data penilaian masyarakat akan tersimpan dan direkap serta dijumlah secara otomatis. Sehingga dapat diketahui berapa banyak masyarakat yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Kedua, inovasi SIM Puwun Pusu Kampung. SIM Puwun Pusu Kampung diambil dari bahasa Suku Moi yang berarti SIM Masuk Kampung. Program ini merupakan ivonasi yang dikembangkan dari program SIM Keliling yang sebelumnya sudah pernah hadir. SIM Puwun Pusu Kampung dihadirkan, mengingat wilayah Kabupaten Sorong merupakan wilayah pinggiran kota, dimana terdapat banyak perkampungan yang membutuhkan pelayanan publik khususnya pengurusan SIM.

Berwal dari latar belakang tersebut satpas polres sorong dibawah pimpinan Kasat Lantas Polres Sorong AKP Stefani Ivonne Tasane, S.IK membuat innovasi pelayanan yang bisa dirasakan oleh masyarakat sampe kekampung-kampung. Dirinya menjelaskan bahwa layanan ini hanya berlaku untuk memberikan pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C.

“Ini khusus perpanjang SIM A dan SIM C, bukan untuk pembuatan SIM baru. Karena untuk pembuatan SIM baru, masyarakat harus diuji dulu untuk berkendara. Kalau lulus baru bisa kita keluarkan SIM-nya, dan tes itu harus dilakukan di Lantas,” jelasnya.

Selanjutnya adalah program pelayanan delivery BPKB atau yang dalam Bahasa Moi disebut Mami Two BPKB. Dengan program ini masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam pengurusan BPKB khususnya penerbitan dan balik nama BPKB. Setelah diproses dan diproduksi, petugas akan memberikan jasa pengantaran BPKB sampai di rumah pemiliknya. Layanan ini diberikan secara gratis tanpa ada biaya pengantaran.

Menurut Kasat Lantas Polres Sorong, layanan deviveri BPKB dirasa lebih dibutuhkan masyarakat karena prose pengurusan BPKB bisanya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pengurusan STNK maupun SIM.

“Kenapa bukan STNK atau SIM, karena BPKB proses pengurusannya lama dan kami sendiri tidak bisa menargetkan kapan waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan BPKB. Ada tahapan memasukkan berkas, STNK keluar dulu, baru BPKB bisa keluar. Setelah itu juga dibutuhkan tanda tangan basah pimpinan. Karena proses yang panjang itu, agar masyarakat tidak wira-wiri maka ketika dokumennya jadi, kami berikan pelayanan delivery BPKB tersebut,” terangnya.

Dengan ketiga program yang dirilis tersebut, Kasat Lantas berharap pelayanan yang menjadi tupoksi Sat Lantas Polres Sorong dapat benar-benar menyentuh masyarakat hingga ke daerah perkampungan. Selain itu, dengan program tersebut juga diharapkan dapat memupuk kedekatan antara anggota kepolisian dengan masyarakatnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed