oleh

Dua Hari Nihil Kasus Baru Covid di Kota

Pada Jumat (30/1) terdapat tambahan 48 positif baru covid-19 di Papua Barat yang kesemuanya berasal dari Kabupaten Manokwari, sedangkan pada Kamis (29/10) terdapat tambahan 8 kasus dari Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Teluk Bintuni. Dengan demikian, dalam dua hari terakhir (29-30/10), tidak ada tambahan kasus baru covid-19 di Kota Sorong. Padahal di tanggal 28 Oktober terdapat penambahan 93 kasus baru, dan sehari sebelumnya (27/10) tambahan 24 positif baru.

Meski dua hari terakhir ini nihil kasus baru covid-19 di Kota Sorong, hal ini sama sekali bukan patokan kasus covid di Kota Sorong sudah menurun. “Kita belum bisa buat kesimpulan, ini kan pemeriksaan masih terus berlanjut. Kita masih menunggu hasil, kan ada beberapa ratus sampel dari Kota Sorong yang dikirim untuk pemeriksaan di Laboratorium Balitbangkes Makassar. Apakah covid di Kota Sorong sudah menurun atau tidak, kita belum bisa simpulkan begitu,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R. Laku yang dihubungi via telepon seluler, semalam. “Sampel kan sudah dikirim ke Makassar, kita tunggu hasilnya. Kalau satu atau dua hari tidak ada kasus, ya kita belum bisa buat kesimpulan, begitu,” sambungnya.

Karena itu, Ruddy mengingatkan agar protokol kesehatan harus dilaksanakan. “Ya, sesuai dengan edaran Wali Kota Sorong tetap jalan, nanti edaran Wali Kota Sorong ini kan dievaluasi efektifitasnya. Kalau hasil evaluasinya dinilai efektif ya dilanjutkan. Kalau tidak, ya nanti tergantung hasil evaluasi dengan Dinas Kesehatan, Satgas serta Forkopimda,” tuturnya. 

Data dari Satgas Covid-19 Provinsi Papua Barat, dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat, hanya Kabupaten Pegunungan Arfak yang zona hijau, sementara Tambrauw dan Fakfak zona kuning, sedangkan 10 kabupaten/kota lainnya masih berada di zona merah, termasuk Kota Sorong. Kasus positif covid-19 di Kota Sorong hingga Jumat (30/10) 1.964 kasus, 1.699 sembuh (86,5 persen) dan 29 meninggal, sementara 236 orang masih dirawat. (ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed