oleh

DPT Pilpres Dijadikan DPS Pilkades di Kaimana

-Sorong Raya-974 views

KAIMANA-Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) bulan April 2019 lalu, akan dijadikan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 84 kampung di Kaimana, yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 mendatang. 

DPT ini sendiri, didapat setelah pihak dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Kaimana. Berkoordinasi dengan pihak KPU Kaimana, bukan saja soal DPT akan tetapi pihak PMK juga melakukan koordinasi terkait dengan kotak surat suara yang akan dipakai pada Pilkades nantinya. 

“DPS kita adalah sesuai dengan DPT terakhir Pilpres lalu, yang dikeluarkan oleh KPU Kaimana. DPT ini akan kita jadikan sebagai DPS, dan nantinya akan divalidasi oleh panitia tingkat kampung,”Jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kaimana Dra. Joice M Tuanakotta, kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (23/8). 

Dikatakan, terkait dengan penggunaan kotak surat suara pada Pilkades nantinya. Saat ini pihaknya, sementara fokus untuk menutupi logo KPU yang terdapat pada bagian kotak tersebut. Hal ini dilakukan, menurutnya untuk menghindari penyalahgunaan kotak surat suara tersebut. Karena kedepan Kaimana, akan dihadapkan dengan Pilkada tahun 2020. 

“Kita harus sterilkan betul kotak – kotak tersebut, karena ada logo KPUnya. Kami khawatir jika tidak ditutup,  bisa disalah gunakan nantinya.  Apalagi kedepan kita, akan memasuki Pilkada tahun 2020, hal ini yang akan kita jaga,” katanya. 

Ketika disinggung, sudah sejauh mana tahapan Pilkades yang akan dilaksanakan nantinya. Mantan kepala dinas pemberdayaan perempuan dan anak ini, mengatakan jika tahapan sejauh ini sudah dilaksanakan. Dalam artian, segala persiapan sudah dilaksanakan, namun secara resmi pembukaan tahapan Pilkades ini direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Bupati Kaimana. 

“Untuk persiapan tahapannya sudah kita laksanakan. Namun untuk tahapan secara resminya, kita rencanakan akan dibuka oleh bapak Bupati kaimana sesuai dengan peraturan,”pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed