oleh

DPRD Kirim Dokumen Pengusulan Kepala Daerah ke Gubernur

KAIMANA – Setelah menggelar rapat paripurna tentang pengusulan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah terpilih Kabupaten Kaimana, Senin (22/2), DPRD Kaimana akhirnya mengantarkan dokumen pengusulan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah Kabupaten Kaimana, ke Gubernur Provinsi Papua Barat di Manokwari, Rabu (24/2).
Penyerahan dokumen tersebut sesuai regulasi, DPRD mempunyai waktu lima hari setelah mendapatkan dokumen dari KPU Kabupaten, untuk melakukan paripurna dan menyerahkan dokumen pengusulan pengangkatan dan pemberhenetian kepala daerah ke Gubernur.
“Sesuai dengan amanat perundang-undangan, DPRD mempunyai waktu lima hari untuk menyampaikan kepada gubernur. Sesuai dengan hasil rapat paripurna internal kemarin, kalau memang dokumen atau administrasinya tidak bermasalah maka rencananya secepatnya dokumen ini diserahkan ke gubernur, dan hari ini Sekwan dan staf sudah mengantarkan ke provinsi,” kata Wakil Ketua I DPRD Kaimana Jaquilina Claudia, S. Hut yang dihubungi melalui saluran telepon, Rabu (24/2).
Jaquilina mengatakan, dalam rangka mempercepat proses administrasi yang harus berproses di provinsi dan Kementerian Dalam Negeri, sehingga daerah juga diminta untuk mempercepat proses pengusulan kepala daerah terpilih tersebut.
“Berarti kan kita agak cepat, karena memang dari Kementerian dalam Negeri juga sudah meminta agar dipercepat prosesnya. Kaitan administrasi ini harus diproses dulu di provinsi, kemudian akan berproses juga di kementerian,” jelasnya.
Ketika disinggung soal pelantikkan Bupati dan wakil Bupati terpilih, menurut Jaquilina pihaknya menunggu petunjuk dari Kemendagri dan Gubernur Papua Barat.
“Artinya saat ini kan masih berproses, setelah semua berproses barulah penerbitan SK, dan pelantikkan kepala daerah. Kita menunggu saja petunjuk dari kementerian,” pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed