oleh

Dosen Unimuda Laksanakan Program Garuda Smart

Pendidikan merupakan tumpuan dan harapan bagi suatu bangsa yang maju dan berkembang tidak terkecuali di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu sekolah yang terus berupaya untuk memberikan pendidikan yang terbaik yaitu SD Al-Ma’arif 1 Kampung Maibo, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong.

Hadirnya SD Al-Ma’arif 1 Klabinain Kampung Maibo bertujuan untuk menjamin terlaksananya pendidikan sekolah dasar serta meningkatkan mutu pendidikan bagi suku Kokoda Kampung Maibo. Mendukung upaya di atas, dosen Unimuda (Universitas Muhammadiyah) Sorong bergerak melaksanakan  program Garuda Smart (Gerakan Literasi Menghitung Peserta Didik Sekolah Dasar Berazaskan Solidaritas, Mandiri, Anti Rasisme dan Toleransi).

Syamsulrizal selaku Ketua Tim Program Garuda Smart menyatakan bahwa, program ini adalah hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM). SMART dibagi menjadi tiga kegiatan, yakni Garuda Smart Bagi Peserta Didik, Garuda Smart Berhitung dan Garuda Smart in Heart.

“Garuda Smart Bagi Peserta Didik bertujuan memotivasi dan mendorong peserta didik menempuh dunia pendidikan. Kedua, Garuda Smart berhitung adalah untuk menanamkan kemampuan berhitung dasar bagi peserta didik sekolah dasar. Sedangkan ketiga, Garuda Smart in Heart yakni untuk memberikan pemahaman kepada guru, peserta didik tentang pentingnya pendidikan yang memiliki jiwa Solidaritas, Mandiri, Anti Rasisme dan Toleransi,” jelas Syamsulrizal.

Sementara itu Kepal SD Al-Ma’arif 1 Klabinain Kampung Maibo, Rusmiati, S.Pd mengatakan, program ini sangat membatu dalam menjalankan proses pembelajaran siswa-siswi.

“Kami terbantu sekali apalagi di tengah wabah covid-19 seperti saat ini, sangat bermanfaat. kami berharap program seperti ini dapat berlanjut sehingga permasalahan serupa di sekolah lain juga dapat diselesaikan, tidak hanya bidang akademik tetapi juga karakter anak,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed