oleh

Disdukcapil Perketat Protokol Kesehatan

-Metro-211 views

SORONG-Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sorong kembali membuka pelayanan, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan diawasi oleh TNI maupun para pegawal Dukcapil Kota Sorong serta penataan pelayanan pada hari Senin diprioritaskan bagi anak sekolah sementara untuk hari Selasa-Jumat untuk pelayanan umum.

Salah satu warga yang enggan namanya dikorankan mengatakan, ia sudah antre dari pagi untuk mendapatkan nomor antriannya. Hingga pukul 10.00 WIT Ia baru mengurus keperluan pindahnya dari salah satu daerah yang ada di Papua Barat.

“Saya antre dari sekitar pukul 06.00 WIT tadi, tapi ada tidak dapat nomor juga tetap dilayani. Namun yang terpenting saya sudah bisa mengurus keperluan saya walaupun tadi cukup lama juga menunggu,”jelasnya kepada Radar Sorong, Kamis (16/7)

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong, Onesimus Assem,S.Sos menjelaskan, untuk pelayanan dimulai dari pukul 08.00 – 12.00 WIT. Kemudian pelayanan untuk semua dokumen kependudukan dilakukan dengan sistem nomor antrean dan bagi warga yang tidak mendapatkan nomor antrean akan dilayani di hari berikutnya.

“Pengambilan nomor antrean dilakukan pada pukul 07.30 WIT, dan pelayanan dengan nomor antrean dilakukan untuk 3 jenis pelayanan, diantaranya pelayanan pencetakkan E-KTP sebanyak 60 nomor, perekaman E-KTP 40 nomor dan dokumen kependudukan lainnya seperti (Akta Capil dan Kartu Keluarga) sebanyak 40 nomor,”ungkapnya.

Untuk mekanisme pelayanannya, cetak E-KTP dari nomor 1-30 akan dilayani mulai pukul 08.30 – 10.30 WIT. Kemudian, nomor antrean 31-60 akan dilayani dari 10.30 – 12.00 WIT. Pelayanan perekaman E-KTP nomor 1-20 akan dilayani pada pukul 08.30 – 10.30 WIT, untuk nomor antrean 21-40 mulai pukul 10.30 – 12.00 WIT dan pelayanan kependudukan lainnya dengan nomor antrian.

“Dimana nomor 1-20 mulai pukul 08.30 – 10.30 WIT dan untuk nomor urut 21-40 mulai pukul 10.30 – 12.00 WIT. Kami melayani pengambilan bagi warga yang sudah dilayani beberapa waktu lalu sampai tanggal 6 Juli 2020 untuk semua dokumen kependudukan baik KTP KK atau Akta Capil akan dilayani dengan sistem pengambilan nomor urut,”tuturnya.

Pelayanan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2020 dan seterusnya bagi warga yang sudah mengurus dokumen kependudukan baik KTP, KK dan akta capil akan langsung diberikan dokumen tersebut dan warga hanya menunggu sekitar 5 menit untuk mengambil dokumen yang diurus. Sistem pelayanan dan pengambilan dokumen kependudukan dilakukan pada waktu yang sama tapi loket pengambilan berbeda.

“Sehingga tidak terjadi penumpukan warga dan untuk antrean kami memberikan lokasi agar warga dapat berdiri di titik tersebut sehingga antara warga tetap pada jarak 1 sampai 1,5 meter sesuai protokol kesehatan dan kami perketat tentunya,” bebernya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed