oleh

Disdukcapil Kabsor Layani Penerbitan KIA

-Metro-689 views

AIMAS– Terhitung sejak Kemarin (7/8), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sorong (Kabsor) sudah melayani penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Ditargetkan, tahun 2019 pembuatan KIA mencapai 7000 keping.

“Tahun ini hanya ada 7000 blangko untuk penerbitan KIA, kami harapkan bisa terpakai hingga akhir tahun,” terang Kepala Disdukcapil Kabsor, Drs. Olden Makpal.,M.Si dalam sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan launching KIA di Aula Disdukcapil Kabsor, Rabu (7/8). 

Penerbitan KIA, oleh Pemerintah Pusat sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu, sesuai dengan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 2 tahun 2016 yang mewajibkan anak usia 0 hingga 17 tahun untuk memiliki KIA tersebut. Namun, wilayah Kabsor baru dilaksanakan pada tahun 2019. 

“Harusnya, Kabupaten Sorong sudah mulai sosialisasi sejak Januari 2019 lalu, tapi karena ada beberapa kendala, termasuk ketersediaan blangko dan tinta tribbon, sehingga baru dapat disosialisasikan Agustus 2019. Tapi, kami sudah langsung bisa melayani penerbitan KIA,” terangnya. 

Jumlah penerbitan KIA untuk wilayah Kabsor sendiri sebanyak 39.271 keping yang akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya. Adapun, penerbitan KIA oleh Disdukcapil akan bekerja sama dengan beberapa instansi lainnya, baik Dinas Kesehatan maupun Dinas Pendidikan, mengingat jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) pada Disdukcapil yang terbatas.

“Kami akan bekerjasama dengan beberapa instansi, salah satunya Dinas Pendidikan. Kami akan datang ke sekolah-sekolah dan menyerahkan kepada pihak sekolah untuk waktu pelayanan agar tidak mengganggu aktifitas belajar,” jelas Kadisdukcapil Kabsor. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono S.Sos.,M.Si yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya penerbitan KIA bagi anak-anak sebagai identitas diri layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewasa. “KIA ini, bisa digunakan untuk pendaftaran sekolah, maupun untuk bepergian menggunakan pesawat atau kapal laut,” jelasnya. 

Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh orang tua dapat memahami pembuatan KIA tersebut agar dapat memaksimalkan manfaat dari program tersebut, baik di tingkat distrik, Kelurahan hingga Kampung, seluruh anak diwajibkan memiliki KIA.(nam)

Syarat pembuatan KIA : 

  • Foto copy Akta Kelahiran 
  • Kartu Keluarga Orang Tua atau Wali
  • KTP Orang Tua atau Wali 
  • Pas Foro 2×3 (2 lembar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed