oleh

Dinas PU Launching “siMace Tercantik”

-Metro-191 views

SORONG – Kegiatan launching aksi perubahan “siMace Tercantik” (sistem monitoring dan evaluasi yang tertata, cepat, tepat dan efektif) pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang Kota Sorong di raung Anggrek Kantor Wali Kota Sorong, Selasa (1/12).
Dijelaskan Sekretaris Dinas PU Esau Isir, ST bahwa kegiatan ini terkait dengan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA). “Kegiatan-kegiatan di ­lapangan yang dilakukan dalam rangka penyelesaian tugas akhir untuk kegiatan PKA angkatan II tahun 2020.
Kegiatan launching yang saya lakukan merupakan inovasi yaitu aplikasi pembuatan ­laporan melalui siMace (sistem monitoring dan evaluasi) Tercantik (tertatata, cepat, tepat dan efektif) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Sorong,” katanya kepada Radar Sorong, usai melakukan launching.
Menurutnya, Hal ini terkait dengan kegiatan ­pembangunan infrastruktur yang ada di ­Kota Sorong yang selama ini ­dilakukan laporannya hanya ­dengan menggunakan cara yang ­manual atau pun ­contohnya masih dengan menggunakan Excel yaitu berupa laporan fisik dan ­keuangan.
“Ke depan kami akan menggunakan sistem ­aplikasi yaitu aplikasi siMace ­Tercantik. Seluruh kegiatan yang kita lakukan di lapangan melalui BPK dan sebagainya, tidak perlu lagi laporan ­diketik secara manual dan sebagainya tetapi melalui ­aplikasi ini bisa langsung dari lapangan,” jelasnya.
Esau Isir juga mengatakan, aplikasi siMace Tercantik adalah system berbasis online yang menginput sendiri dari Hp dengan menggunakan username, passwordnya ditangani langsung oleh sekretaris, pejabat penatausahaan keuangan kemudian akan diberi pada setiap Pimpinan Proyek (PimPro) maupun bendahara yang ada.
“Untuk diinput secara online dan pejabat terkait langsung monitor dengan waktu yang singkat. Sebelumnya proses waktunya lama. Kami sekarang gunakan aplikasi hemat tenaga, waktu dan hemat semua dengan aplikasi siMace Tercantik,” tegasnya.
Dia menambahkan, aplikasi tersebut sudah didesign dan sekaligus untuk menunjang kegiatan pendidikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember di Makassar. Kemudian setelah kembali diharapkan bisa ditingkatkan di tahun 2021.
“Aplikasi ini masih sementara proses. Kami berharap kalau boleh ke depan disiapkan anggaran melalui Dinas PU dan persetujuan kepala dinas agar aplikasi ini ditingkatkan atau digunakan Dinas PU di waktu yang akan datang,” harapnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed