oleh

Dinas PPLH Tanggapi Pengaduan Warga

-Metro-61 views

Kepala Dinas PPLH Kota Sorong, Julian Kelly Kambu,ST.,M.Si mengatakan bahwa Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong telah membentuk Pos pengaduan. Pos Pengaduan ini berfungsi untuk menerima pengaduan warga kota terkait dengan berbagai permasalahan lingkungan hidup sesuai pengaduan yang disampaikan beserta barang bukti seperti foto, vidio, media cetak, dan media lainnya. 

“Berdasarkan pengaduan yang diberikan, terkait masalah lingkungan, mau udara, mau air, mau tanah yang penting pengaduan itu jelas, maka kami akan segera menindaklanjuti semua pengaduan warga masyarakat terkait kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, baik yang dilaksanakan oleh pihak pemerintah, bisnis atau swasta dan warga masyarakat itu sendiri. Tindaklanjut pengaduan akan kami lakukan berdasarkan mekanisme dan prosedur yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan,” katanya, Kamis (4/3). 

Dikatakanya bahwa pengaduan warga masyarakat dapat diantarkan langsung ke Dinas PPLH di Km 14. Adapun beberapa waktu lalu, ada pengaduan dari warga kepada Dinas PPLH. kemudian Dinas PPLH melakukan investigasi terkait bentuk pengelolan dari perusahaan PT BJA yang berlokasi di tanjung. 

“Setelah hasil inventarisasi, maka kami membuat dalam berita acara ada temuan kami yaitu menyangkut drainase kurang baik, baik dari pembuangan material galian dari atas dan kolam penampungannya itu dibenahi dan harus pakai terpal geotestik. Ada temuan limbah B3, ban bekas, oli bekas, semua masuk ke laut. Sehingga kita minta limbah B3 harus dikelola dengan baik. Ada temuan bronjong yang dibangun tidak standar, terlepas dan batu-batu sepanjang pantai terlepas seperti yang diadukan masyarakat benar adanya. Sehingga kami meminta perusahaan agar memperhatikan kawasan yang telah tercemar. Kota bersih, warga sehat, bisnis lancar,” katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan PT BJA yang enggan menyebutkan namanya ini mengatakan perusahaan akan menindaklanjuti hasil temuan dari Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Sorong.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed