oleh

Dinas Perikanan Hadirkan Mesin Produksi Es Cepat

-Metro-182 views

SORONG-Menjawab kesulitan nelayan tradisional mendapatkan es batu, Dinas Perikanan Kota Sorong kini menghadirkan mesin produksi es cepat yang dapat membuat es hanya dalam waktu 4 jam, Jumat (7/8).

Teknisi pembuat mesin produksi es cepat, Ebhy menjelaskan, untuk pembuatan 1 unit mesin produksi es cepat ini bisa menghabiskan Rp 10 juta, karena ia menggunakan alat-alat yang berkualitas, mulai dari pipa, Cool box hingga alat-alatnya pun baru. Sehingga jika nanti dijual pun kemungkinan harganya lebih dari Rp 10 juta, akan tetapi semua dikembalikan kepada koperasi yang akan mengelola.  

“Alat ini nanti diperjual belikan dan nanti koperasi bisa mengelola sehingga bisa dicicil di koperasi nanti,”jelasnya kepada media, kemarin.

Perbedaan mesin produksi es cepat dengan freezer konvensional, sambung Ebhy terletak pada waktu pembuatan es, dimana jika menggunakan Freezer maka membutuhkan waktu 8 jam sedangkan jika menggunakan mesin produksi Es hanya membutuhkan waktu 4 jam. Sementara itu, mesin ini menggunakan AC 1 Pk dan Cool Box 250 liter, dengan sistem kerjanya dalam 1 kali produksi kurang lebih 4 jam dengan hasil produksi 50 Kg. 

“Mesin dapat membantu nelayan kecil dan nelayan pesisir, sebab ini sangat mudah untuk digunakan dan dibawa kemana saja, yang terpenting ada arus listrik baik dari PLN maupun genset,”terangnya.

Inovasi ini muncul, sambung Ebhy sebab ia melihat penggunaan mesin produksi es cepat ini di daerah Jawa, sehingga ia ingin mencoba di wilayah Papua. “Saat ini yang sudah siap itu sekitar 5 unit,”terangnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Sorong, Very Meky Kambuaya, SE mengungkapkan, keluhan nelayan tradisional terkait es akhirnya terjawab, karena diakuinya di area jembatan Puri ini masyarakat memang banyak mengeluhkan soal es, walaupun ada pabrik es besar, di sekitar jembatan Puri akan tetapi hanya untuk melayani pembelian dalam jumlah besar. Sementara nelayan kecil ini susah mendapatkan pelayanan tersebut.

“Saya akan sosialiasikan kepada para nelayan, sehingga mereka bisa melihat alat ini di Kantor kami, jadi saya sangat apresiasi hal tersebut. Kemungkinan tahun depan kami bisa persiapan untuk pengadaan alat ini untuk membantu nelayan,”ungkapnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed