oleh

Dilantik, Bupati-Wabup Tandatangani Pakta Integritas

Gubernur : Wujud Komitmen Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

MANOKWARI – Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Jumat (26/2) melantik Bupati-Wabup Pegunungan Arfak Yosias Saroy-­Marinus Mandacan, Bupati-Wabup Manokwari Hermus Indou-Edi Budoyo, Bupati-Wabup Manokwari Selatan Markus Waran-Wempy Rengkung, dan Bupati-Wabup Raja Ampat, Abdul Faris Umlati-­Orideko Iriano Burdam. 

Masih tersisa 5 pasangan bupati-wakil bupati  yang belum dilantik yakni Bupati-Wabup Teluk Wondama, Kaimana, Fakfak dan Teluk Bintuni. Gubernur mengatakan, pelantikan bupati-wabup terpilih Teluk Wondama menunggu putusan Mahkamah Konstitusi. Sedangkan pelantikan bupati-wakil bupati Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan dan Teluk Bintuni akan dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan akhir masa jabatan periode sebelumnya. “Dengan dilantiknya saudara-saudara merupakan kepercayaan masyarakat. Hal ini tentunya menjadi modal yang sangat berharga dalam melaksanakan agenda pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di daerah masing-masing,” ujar Gubernur.

Pelantikan yang dilangsungkan di auditorium PKK berlangsung lancar dan tertib dengan menerapkan protokol kesehatan. Undangan menghadiri pelantikan dibatasi hanya 50 orang yang semuanya telah menjalani rapid test antingen sehari sebelumnya dengan hasil negative. Puluhan personel Polda Papua Barat dikerahkan mengamankan jalannya pelantikan. Beberapa anggota Brimob bersenjata laras panjang berjaga-jaga di pintu masuk halaman auditorium PKK. Hanya warga memakai masker yang diperolehkan masuk  halaman.

Dengan pelantikan ini lanjut Dominggus, para bupati dan wakil bupati telah menjadi milik seluruh rakyat di daerah masing-masing. Gubernur mengatakan bahwa perbedaan saat pilkada harus dilebur, dan kembali bersatu untuk membangun daerah. “Pilkada sudah berlalu, kini hendaklah bersatu menjalin kebersamaan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat sesuai janji-janji saat kampanye, dengan bekerja siang dan malam,” tegasnya.

Para bupati dan wakil bupati juga harus bersedia turun bertemu masyarakat, memastikan semua rakyat mendapatkan pelayanan air bersih, listrik, transportasi yang terjangkau, serta mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas baik. “Memberikan dukungan serta mengambil langkah-langkah yang maksimal dalam  menciptakan lingkungan kerja yang baik, berkaitan  dengan upaya pemberantasan korupsi,” tuturnya.

Pada pelantikan ini, para bupati dan wakil bupati menandatangani pakta integritas. Gubernur mengatakan, pakta integritas ini sebagai wujud komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi. “Masyarakat dapat mendukung sepenuhnya bupati dan wakil bupati dalam menjalankan tugasnya sesuai misi dan visi yang disampaikan saat kampanye,” ucap Gubernur.

Usai dilantik, Bupati-Wabup Manokwari Hermus Indou-Edi Budoyo mengadakan syukuran di Gedung Wanita, kemarin. Hermus mengatakan, pihaknya akan melaksanakan program sesuai visi dan misi saat kampanye pilkada. Prioritas kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat, yakni peningkatan pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Kita inginkan lewat pemberdayaan yang terarah, masyarakat dapat hidup mandiri dengan mengembangkan usaha,” tuturnya.

Masa jabatan bupati-wakil bupati yang dilantik ini hingga 2024. Hermus menuturkan, hanya dengan masa jabatan 3,5 tahun, dia dan Edi Budoyo akan berlari melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan. “Kita akan mencoba berlari cepat karena masa jabatan hanya 3,5 tahun dengan melaksanakan program unggulan daerah,” tuturnya.

Hermus juga akan menerapkan keterbukaan informasi publik dalam mengelola pemerintahan. Dalam era demokrasi saat ini masyarakat berhak mendapatkan informasi yang dibutuhkan, baik dalam pengelolaan keuangan maupun lainnya. “Masyarakat punya hak untuk mendapatkan informasi terkait pengelolaan anggaran, penyelenggaraan pemerintahan. Keterlibatan media massa sangat krusial untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik ini,” ucapnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed