oleh

Di Tambrauw, Sistem Daring Tidak Efektif

-Tambrauw-941 views

FEF– Anjuran Menteri Pendidikan Nadiem Makarim untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan sistem daring belum bisa diterapkan di Kabupaten Tambrauw. Hal ini dilaporkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw, Karel Nauw, S.Pd melalui rilis kepada Radar Sorong, kemarin (14/6).

Pasalnya, sesuai hasil monitoring pihak Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Tambrauw,  semua sekolah wilayah Kabupaten Tambrauw ternyata dalam menghadapi pandemi Covid-19, proses belajar mengajar tidak sesuai dengan harapan.

“Pendidikan di KabupatenTambrauw dalam masa pandemik Covid-19 tidak sesuai harapan semua pihak. Sesuai hasil monitoring dan dan evaluasi proses pendidikan belajar di rumah dengan menggunakan metode daring tidak dapat diterapkan di Kabupaten Tambrauw,” ujarnya.

Dia mengatakan, kurang lebih 3 bulan terhitung Maret sampai Mei 2020, ternyata proses belajar mengajar tidak berjalan sesuai yang diharapkan oleh Menteri Pendidikan. Adapun faktor dan kendala yaitu, Pertama, kesadaran orang tua wali murid tidak mendukung penerapan belajar mengajar dalam bentuk daring (dalam jaringan) karena sebagain besar anak belum memiliki sarana prasarana belajar.

Kedua, situasional di rumah yang kurang mendukung dari sisi kesehatan, rumah yang tidak layak, alat pengaman diri yang tidak lengkap seperti tempat cuci tangan, masker dan lain-lain.

Ketiga, Pihak orang tua melihat bahwa proses pendidikan belajar di rumah bukan urusan mereka, melainkan itu urusan sekolah yakni para guru. Keempat, keterbatasan Dinas Pendidikan yang tidak menyiapkan materi berupa modul, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lain-lain karena keterbatasan dana untuk menyusun materi tersebut.

Kelima, hasil monitoring Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw yang diterima dari pihak kepala sekolah sebaiknya proses belajar mengajar di sekolah saja. Hanya perlu mekanisme diatur baik oleh pihak sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Keenam, sementara ini pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw sedang menyiapkan semacam juknis dan edaran yang isinya tentang mekanisme penerimaan peserta didik baru. Pelaksanan pengenalan lingkungan sekolah dan mekanisme belajar di rumah serta menyiapkan kalender pendidikan, jadwal belajar di sekolah dalam masa pandemi Covid-19.

Sebumnya Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw melakukan sosialisasi terkait kelulusan ujian sekolah tingkat SD dan SMP, assessment kenaikan kelas, dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tahun ajaran 2019-2020 yang akan berakhir pada tanggal 13 juni. Sosialisasi tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Agustinus Lewerisa, Kabid SMP Arnoldus Titit dan Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP, Tenia Kurniawati, M.Pd. (raf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed