oleh

Di Masa Pandemi, Hutan Alternatif Pulihkan Psikis

PMB OPBJJ-UT Sorong

SORONG – Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong,PhD melakukan kunjungan kerja ke Kota Sorong Provinsi Papua Barat dalam rangka melihat dan memastikan langsung kawasan Hutan Lindung dan Kawasan Mangrove yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat.Wamen LHK mengaku takjub akan kawasan Hutan Lindung atau Taman Wisata Alam (TWA) yang berlokasi di Km 14 Kota Sorong yang dinilainya lebih bagus dibandingkan Kebun Raya Bogor.

“Kesan pertama saya waktu masuk, wow! , dan ini patut kita banggakan dan harus kita jaga keindahan alam seperti ini. Saya pikir ini salah satu TWA yang terbaik yang pernah saya lihat, bahkan saya bandingin ini lebih bagus dengan Kebun Raya Bogor,” kata Alue Dohong kepada wartawan, Sabtu (25/9).

TWA Kota Sorong cukup luas 945.9 hektar sebagian memang untuk zona perlindungan dan sebagian untuk zona pemanfaatan wisata. Menurutnya, potensi TWA Kota Sorong ini sangat luar biasa.

“Jadi di saat pandemi seperti ini hutan bisa jadi alternatif kita untuk mempercepat memulihkan psikis kita. Jadi kalau masuk hutan begini udaranya segar, sejuk, pikiran jadi plong, maka imunitas tubuh kita jadi lebih bagus. Kalau imun kita bagus maka yang namanya virus Covid-19 tidak bisa masuk pada tubuh kita,” ucapnya.

Wamen LHK menyatakan, kita perlu mendukung TWA, terutama dari Pemda dan mitra pembangunan. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kebersamaan yang seperti ini harus terus dibangun, jaga spirit kerjasama, kolaboratif seperti ini. “Yang paling penting melibatkan masyarakat lokal menjadi ujung tombak, sehingga rasa memiliki jadi lebih tinggi. Tidak jauh dari kantor Wali Kota 14 kilo ini sangat baik sekali, jadi sangat eksis keindahan alam seperti ini. Patut direplikasi di daerah lain karena areanya dekat dengan kota,” ujarnya.

Ia mengingatkan perlu dijaga semua fasilitas yang dibangun di TWA tersebut yang adalah milik kita bersama, semoga ini akan terus dikembangkan ke depan dengan pola kerjasama kemitraan dan lain-lain. “Supaya lebih bagus lagi kedepannya dan supaya lebih banyak orang yang berwisata ke sini menikmati taman wisata alam ini. Tidak hanya wisata biasa tapi wisata edukasi, saya kira itu penting,” tegasnya.

Mewakili Pemerintah Kota Sorong, Kepala Dinas Perlidungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Julian Kelly Kambu,ST,MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Wamen LHK RI, karena telah mengunjungi Taman Wisata Alam dan Kawasan Mangrove di Kota Sorong.

“Kedepannya Pemkot bersama BBKSDA bisa berkolaborasi agar kawasan TWA mungkin kita harus tetapkan dalam Perda sehingga mempermudah untuk penjagaan, pengelolaan. Kita harus menjaga kawasan ini yang akan kita tinggalkan kepada generasi kita yang akan datang,” kata Kelly Kambu. (zia/ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed