oleh

Di Lokasi TMMD, Persit Berbagi Ilmu Pembuatan Minyak Sereh

-Metro-119 views

SORONG-Ketua Persit Kartika Candera Kirana Cab XIII Kodim 1802 Ny. Elita Budiman beserta pengurus Persit terjun langsung ke lokasi TMMD ke 110 Kodim 1802/Sorong bertempat di Kampung Kamlin Distrik Wemak Kabupaten Sorong. Kunjungan Persit Kodim 1802 Sorong guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tidak diragukan lagi bahwa kehadiran Persatuan Istri Tentara (Persit) memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di lingkungan TMMD. Ketua Persit Kartika Candera Kirana Cab XIII Dim 1802 Ny. Elita Budiman menjelaskan sejak pembukaan TMMD ke110 yang sudah berlalu 2 pekan yang lalu, ia melihat banyaknya tanaman sereh yang dapat memberikan dampak untuk tumbuhnya penghasilan bagi masyarakat.

“Kami dari Persit berpikir untuk manfaatkan tanaman sereh agar diolah menjadi minyak sereh wangi, apalagi sekarang masa pandemi kalau tidak terlalu penting keluar rumah jangan keluar, maka dari itu. Kami,  berniat mengajarkan masyarakat khususnya mama Papua agar bisa memanfaatkan tanaman sereh wangi sebagai pekerjaan rumah yang dapat menghasilkan rupiah”jelas Ketua Persit kepada mama Papua, Senin (15/3).

Pada dasarnya sambung Ny. Elita Budiman bahwa  Persit KCK Cab XIII Dim 1802 mempunyai kemampuan dalam pengolahan tanaman sereh menjadi minyak sereh yang sangat bermanfaat bagi manusia dan sudah pernah melaksanakan penyulingan.

” Sekarang kenapa tidak kami lakukan untuk masyarakat di lokasi TMMD ini,”ungkapnya.

Dijelaskan Ketua Persit, penyulingan sereh wangi dimulai dengan diisi air ke dandang secukupnya diikuti masukkan serah ke dalam dandang suling dengan kobaran kayu bakar menghasilkan api yang bagus. Namun, perhatikan isolasi pinggiran dandang agar mencegah panas mengalir ke luar.

Kurang lebih  25 menit hingga 45 menit, minyak atsiri dari sereh akan terlihat menguap. Dan dandang penyuling yang sudah di modif dengan selang bening ke jerigen yang berisi air, maka  hasil dari penyulingan tanaman sereh akan sempurna menghasilkan minyak sereh wangi.

“Minyak sereh wangi ini sangat bermanfaat sebagai meredakan nyeri otot jika digunakan untuk memijat bagian yang bengkak dan kaku.Aromanya memberi efek menenangkan, kita bisa menghirupnya langsung,”terangbya.

Jika sereh wangi diminum  dalam jumlah kecil bisa memberi perlindungan untuk sistem pencernaan, membantu melancarkan detoksifikasi. Namun, jika  diminum dengan mencampurkan 1-2 tetes minyak ke dalam madu, lemon, dan air hangat. Kandungannya bisa membantu menjaga kulit agar tampak halus dan mulus. 

Setelah minyak terkumpul sampai 5 liter, Persit juga mengajarkan cara mengemas dalam bentuk botol serta membantu mereka mendistribusikan ke kota seperti di toko, koperasi dan apotik dengan harga Rp 30.000 perbotol melalui Babinsa kampung”

 Dengan demikian masyarakat mendapatakan pengahasilan dari pemanfaatan tanaman di lingkungan,”ungkapnya.

Masyarakat Kampung Kamlin Mama Miah  mengucapkan terimakasih kepada Ketua Persit Kartika Candera Kirana Cab XIII Dim 1802 yang telah membantu mama Papua di Kampung Kamlin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Kamlin. 

“Selama ini tanam sereh kami biarkan tumbuh sampai busuk, sekarang setelah tahu bahwa tanaman sereh bisa di olah dan bisa menghasilkan rupiah kami akan melestarikan tanam sereh sebagai pendapatan kami di kampung kamlin ini. Kami ucapkan terimakasih kembali kepada Ibu- ibu semua,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed