oleh

Di Kebar, Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan akan Digelar

Bartholomeus Asem, S. Pi

SAUSAPOR -Untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam budidaya ikan air tawar secara baik. Dinas Perikanan Kabupaten Tambrauw akan melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan di Kebar. 

“Salah satu program kami, untuk memberdayakan masyarakat dan budidaya ikan air tawar, maka akan dilaksanakan pelatihan pembuatan pakan ikan,” terang Kepala Bidang Produksi Dinas Perikanan Kabupaten Tambrauw, Bartholomeus Asem, S, Pi kepada Radar Sorong kemarin (29/1).

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program kerja Dinas Perikanan di Tahun 2019. Hal ini adalah program lanjutan dari tahun sebalumnya. ” Sebelumnya kami sudah lakukan kegiatan serupa, namun masyarakat belum seutuhnya memahami hal tersebut, sehingga perlu dilakukan pelatihan lanjutan,” tambah Bartho panggilan akrabnya. 

Dikatakannya, dengan kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan, masyarakat telah mengetahui bagaimana cara budidaya ikan air tawar. Namun, setelah diawasi kembali masyarakat pembudidaya masih menemui kendala daya pakan komersil.

 “Dengan kegiatan yang akan kami laksanakan ini, ke depan diharapkan masyarakat sudah bisa memproduksi pakan sendiri, agar mereka bisa menekan harga. Karena kalau beli pakan, otomatis banyak dana yang dikeluarkan,” katanya.

Untuk meminimalkan biaya tinggi memang harus  membuat pakan ikan sendiri. Karena kalau berhitung secara ekonomi, biaya produksi yang harus dikeluarkan dengan menggunakan pakan pabrikan kurang menarik dari segi profit. 

“Biaya produksi habis hanya untuk pakan, ujung–ujungnya profit menjadi tipis. Bagaimana mau tingkatkan produksi kalau biaya produksi sendiri tinggi,” ungkapnya. (raf).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed