oleh

Di Kawasan Hutan Lindung Km 14, Kendaraan Macet Terjebak Banjir

-Sorong Raya-307 views

SORONG – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Sorong, Sabtu (11/9) siang, menyebabkan banjir di beberapa titik. Salah satu yang cukup parah di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Hutang Lindung Km 14 (tepatnya di depan pintu masuk TWA).
Banjir menggenangi jalan utama dengan arus yang cukup deras. Akibatnya, ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari arah Kota Sorong menuju Aimas dan sebaliknya tidak bisa melewati ruas jalan tersebut. Banjir di kawasan Hutan Lindung ini menimbulkan kemacetan kendaraan.

Pantauan Radar Sorong di lokasi, kemacetan mengular hampir sepanjang 3 kilometer. Dari arah Kota Sorong, kemacetan terjadi mulai dari KM 13 (depan United Tractors). Sementara dari arah sebaliknya, kemacetan terjadi mulai dari KM 16 (setelah turunan Stadion). Beberapa kendaraan terlihat memutar balik untuk mencari jalan alternatif. Sementara kendaraan lain nekat melintasi banjir demi sampai ke tujuan. Di lokasi kejadian, puluhan kendaraan roda dua yang memaksa melintas akhirnya mengalami mati mesin dan harus menuntun kendaraannya.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Warga yang tinggal tak jauh dari titik banjir juga tampak bergotong royong membantu para pengendara mendorong kendaraan yang mengalami mati mesin. Beberapa warga lainnya juga tampak sibuk mengatur lalulintas.
Salah satu warga bernama Melki menerangkan, genangan banjir sudah terlihat sejak tadi siang. Namun kendaraan masih berani melintas karena ketinggian banjir baru sebatas mata kali.

Akibat terjebak banjir, kemacetan kendaraan mengular di sepanjang kawasan Hutan Lindung Km 14. (Ayu/Radar)

“Pas mulai hujan sekitar 30 menit, air sudah mulai tergenang, hujan juga masih deras sekali. Tapi karena air belum terlalu tinggi, kendaraan masih bisa lewat. Pas hujan lewat dari 1 jam, itu mulai tinggi, motor yang paksa lewat akhirnya banyak mogok. Ada juga mobil mogok, kita warga bantu dorong saja,” ujarnya.
Selanjutnya Rifan, salah seorang pengendara mengaku sudah terjebak macet hampir 1 jam. Ia mengaku sempat berfikir akan memutar balik kendaraannya, namun sudah tidak bisa karena posisi kendaraannya berada di tengah kemacetan. Sementara di seluruh sisinya juga diapit kendaraan lain.

“Saya sudah duga pasti macet ini gara-gara banjir di depan TWA. Tapi awalnya saya fikir paling lama 15 menit saja sudah bisa lewat, eh padahal sampe lebih dari 45 menit tidak bisa gerak. Malah di belakang mobil saya macetnya panjang lagi, saya baru sadar saat turun dari mobil dan melihat ke belakang. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa terjang banjir,” tukasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed