oleh

Dewan Gelar Paripuna Raperda dan Persetujuan LKPD

KAIMANA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten Kaimana, Selasa (28/7) mulai menggelar paripurna tentang persetujuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) tahun aanggaran 2019 lalu. Paripurna, sesuai agenda akan digelar selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (28-29 Juli 2020) dengan agenda, masing-masing, penyampaian pengantar nota keuangan, penyampaian pandangan fraksi-fraksi dewan, jawaban bupati serta pandangan akhir fraksi-fraksi dewan.
Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Irsan Lie dan dihadiri oleh Bupati Kaimana, Matias Mairuma, Wakil Bupati, Ismail Sirfefa, Sekda Kaimana Rita Teurupun, pimpinan dewan serta anggota DPRD lainnya.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Dandim 1804 Kaimana, Ketua Pengadilan Negeri Kaimana, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana, Waka Polres Kaimana, Sekda Kaimana, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kaimana.
Meski rapat paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang, namun proses sidang tetap memberlakukan prosedur kesehatan dalam masa adaptasi kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19 ini.
Ketua DPRD Kaimana, Irsan Lie, dalam pidatonya mengatakan, pelaksanaan paripurna penetapan, pengesahan dan persetujuan LKPD tahun anggaran 2019, merupakaan amanat Undang – Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
“Dalam amanat undang-undang tersebut tersurat bahwa 7 bulan sebelum tahun anggaran berakhir, pemerintah bersama DPRD harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah di depan dewan. Dan sejak 13 hingga 24 Juli 2020 lalu, DPRD sudah bersama dengan OPD terkait telah membahasnya secara bersama,” ujarnya.
Dalam pidatonya, Irsan juga menyebutkan, pelaksanaan rapat paripurna dewan ini berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
“Meski pelaksanaan sidang ini tidak seperti biasanya, namun saya sangat berharap agar kondisi ini tidak mengurangi esensi dasar pelaksanaannya, termasuk niat baik kita bersama untuk membangun Kabupaten Kaimana ke depan,” tegasnya.
LKPD ini, kata dia, ada erat kaitannya dengan pertanggungjawaban tentang keuangan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam APBD 2019. Kami berharap agar prosesnya ini dapat berjalan dengan baik, sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi anggaran kepada masyarakat di Kabupaten Kaimana.
Di akhir pidato pembukaan sidang, Irsan juga menyampaikan, agar sejumlah catatan dan saran dewan yang disampaikan dalam pembahasan maupun paripurna, agar dapat ditindaklanjuti pengelolaan anggaran dari tahun ke tahun akan semakin baik. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed