oleh

Desak-desakan Serahkan Persyaratan Banpres

Puluhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Sorong mendatangi Kantor Dinas Koperasi menyerahkan persyaratan-persyaratan agar bisa mendapatkan dana bantuan presiden (Banpes) sebesar Rp. 2.400.000. Namun, waktu penyerahan berkas yang hanya sampai pukul 10.00 WIT, memaksa puluhan pelaku UMKM bersekukuh dan berdesak-desakan masuk guna menyerahkan secara langsung.

Pantauan Radar Sorong, awalnya petugas Satpol PP memberitahukan bahwasanya waktu penyerahan berkas sudah habis. Akan tetapi para pelaku UMKM ini tetap memaksakan masuk ke dalam kantor Dinas Koperasi untuk menyerahkan berkasnya. Akhirnya, pihak Dinas Koperasi pun masih menerima berkas yang dibawa oleh pelaku UMKM tersebut. Terlihat ratusan berkas yang telah dikumpulkan oleh Dinas Koperasi untuk ditindak lanjuti.

Salah satu pelaku UMKM yang enggan dimediakan namanya mengaku kecewa sebab Dinas Koperasi memberikan jangka waktu penyerahan persyaratan. Menurut dia, seharusnya tidak perlu ada jangka waktu penyerahan persyaratan mengingat hari Jumat 23 Oktober ini adalah waktu terakhir penyerahan berkas persyaratan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Pemerintah Kota Sorong, Yance Jitmau mengatakan, banyak UMKM di Kota Sorong yang mendapatkan bantuan bila dibandingkan dengan kabupaten lainnya.“Tapi kami tidak tahu sekarang berapa banyak berkas yang sudah dimasukan ke kami untuk mendapatkan bantuan ini, tapi tahap pertama kemarin itu Kota Sorong dapat sekitar 1.800-an sedangkan di tahap kedua itu sekitar 3.200-an dan sedang dilayani hingga saat ini,” kata Yance Jitmau.

Yance menambahkan, pengembalian berkas ini terakhir di hari Jumat 23 Oktober 2020, dan bagi UMKM yang menyerahkan berkas kepada Dinas Koperasi Kota Sorong belum tentu semuanya dijawab, karena masyarakat pernah mendapatkan bantuan dari beberapa dinas sehingga namanya sudah terdaftar. “Kalau UMKM yang namanya tidak terkonek melalui sistem, berarti UMKN itu sudah terdaftar di bantuan dinas lainnya,” jelasnya. (juh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed