Deretan Makanan Terbaik untuk Penderita Hipertensi, Dijamin Darah Tinggi Menurun!

Hipertensi, adalah sebuah gangguan tekanan darah tinggi yang sangat fatal. Gangguan tubuh yang satu ini tidak boleh dianggap sepele sedikitpun. Karena jika di biarkan begitu saja, ada komplikasi hipertensi yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kondisi kesehatan sangat buruk. Jadi, sudah bukan lagi hal mengherankan apabila makanan penderita hipertensi wajib diperhatikan dengan benar. Jangan sampai penyakit ini berlanjut di kondisi terburuk. 

Sejatinya, salah satu cara terbaik untuk mengontrol tekanan darah, adalah menjaga pola makan. Dengan pola makan teratur dan menghindari berbagai macam makanan yang dilarang serta memantau porsi, maka tekanan darah tetap stabil dan tidak menimbulkan penyakit serius lainnya. Pada umumnya, hipertensi paling sering dialami oleh kalangan orang dewasa dan lansia. Namun pada beberapa kasus kedokteran, para remaja sudah mengalaminya berdasarkan banyak faktor. 

Melansir dari sumber Hellosehat, mengatakan bahwa penderita hipertensi harus lebih memperhatikan porsi, jenis makanan, dan kalori yang sesuai. Memilih makanan untuk penderitanya bukan hanya mengontrol darah tinggi saja, melainkan bisa memaksimalkan kesehatan tubuh. Nah, jika anda sudah tahu tentang porsi dan kalori sesuai untuk penderita hipertensi, maka ketahuilah jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi. 

Perhatikanlah ulasan kami sampai akhir, karena pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap kepada anda mengenai deretan makanan terbaik untuk penderita hipertensi. Lantas, apa saja jenis makanan yang dimaksud agar bisa makan enak sekaligus menjaga kesehatan tubuh? Yuk, simak artikel kami sampai akhir!

 

Deretan Makanan Penderita Hipertensi yang Aman Dikonsumsi!

 

Apabila sudah mengidap suatu penyakit tertentu, jangan heran apabila pemilihan jenis makanan harus diperhatikan dengan maksimal. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengendalikan kondisi stabil penyakit tersebut. Begitu pula dengan penderita darah tinggi. 

Jangan pernah sekalipun mengkonsumsi makanan sembarangan apabila tidak ingin kondisi kesehatan semakin buruk. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa kondisi terburuk dari gangguan hipertensi, adalah kematian. Dibawah ini, adalah jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk penderitanya:

 

  1.     Sayuran Hijau

Jenis makanan terbaik yang aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi di urutan pertama ini, adalah sayuran hijau. Pada umumnya, sayuran hijau seperti lobak hijau, selada, bayam, kale, hingga sawi, mengandung serat, magnesium, serta serat. Yang mana ketiga kandungan tersebut sangat efektif menjaga kestabilan darah untuk penderita hipertensi. Sayuran hijau akan aman apabila dikonsumsi dengan cara direbus tanpa menggunakan penyedap rasa. 

Ada pula cara alternatifnya, yakni dijadikan jus sayuran. Melansir dari suatu sumber, menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus sayuran hijau pada setiap harinya, sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi harus selalu anda ingat, jangan pernah mengkonsumsi sayuran yang tidak segar. Karena sayuran tersebut bisa menyebabkan darah tinggi kembali tinggi.

 

  1.     Yogurt

Bukan hanya sayuran hijau saja, jenis makanan terbaik untuk penderita hipertensi di urutan selanjutnya, adalah yogurt. Yogurt, merupakan makanan seribu manfaat. Olahan susu yang satu ini selalu memberikan manfaat signifikan untuk berbagai kalangan. Tentunya yogurt juga aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi, karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi. 

Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium yang efektif untuk menstabilkan kondisi penderitanya, menurut beberapa penelitian. Akan lebih efektif apabila yogurt dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan, kacang-kacangan, hingga granola. Konsumsilah yogurt satu cangkir setiap harinya, dan pilih jenis yogurt low fat.

 

  1.     Ikan

Ikan juga menjadi jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Sebuah penelitian yang kami kutip dari sumber The Journal Nutrition, menyebutkan bahwa ikan dengan kandungan lemak, seperti salmon, sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah diastolik apabila dikonsumsi tiga kali seminggu selama kurang lebih delapan minggu. 

Tidak berhenti di situ saja, terdapat pula sebuah penelitian yang menemukan bahwa kandungan asam lemak omega-3 pada berbagai jenis ikan, sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kembali menstabilkan kondisi penderitanya. Namun, harus selalu diingat, jangan menambahkan penyedap rasa sedikitpun pada olahan ikannya. Karena, penyedap rasa, termasuk garam, bisa menyebabkan tekanan darah kembali tinggi.

 

Itulah ulasan tentang deretan makanan penderita hipertensi yang aman dikonsumsi. Perbaikilah pola makan dengan maksimal agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan prima dan gangguan kesehatan tidak kambuh di sela-sela keseharian anda. 

Previous post Hebat! Rider Repsol Honda Bangkit, MotoGP Indonesia Akan Gempar!
Next post Pidsus Turun Tangan Menyelidiki Kasus Dugaan Korupsi Lahan Sampah di Makassar!