oleh

Demo Damai Pertanyakan Realisasi Anggaran Covid-19

Sejumlah mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak), Senin (14/09) melakukan aksi demo damai di beberapa lokasi, guna mempertayakan realisasi penggunaan dana Covid-19. Puluhan massa mulai melakukan orasi di beberapa titik termasuk di Pasar Baru Krooy Kaimana, dan melanjutkan ke kantor DPRD Kaimana.
Setelah tiba di Kantor DPRD Kaimana, sebelum bertemu Wakil Ketua I bersama beberapa anggota DPRD Kaimana. Massa melakukan orasi dan sempat membakar ban bekas di depan pintu masuk kantor DPRD, namun berhasil dipadamkan oleh pihak kepolisian.
Dalam orasinya, massa meminta adanya transparansi penggunaan Dana Covid-19 serta jumlah bantuan yang disalurkan selama pandemi Covid-19 yang dirasa belum menyentuh sebagian besar masyarakat Kaimana.
Setelah berorasi, akhirnya perwakilan massa dijinkan masuk untuk melakukan pertemuan ke dalam ruangan Wakil Ketua I DPRD Kaimana Jaquilina Claudia. Para pendemo juga meminta agar DPRD dapat memanggil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kaimana untuk mempertanyakan sejauhmana penggunaan anggaran Covid-19.
“Kami minta agar DPRD dapat memanggil Ketua Gugus Covid-19, untuk dapat menanyakan apa-apa saja yang dibelanjakan dari anggaran Covid-19 kemudian disampaikan secara transparan lewat media sehingga kami yang bagian dari masyarakat bisa tahu dan tidak bertanya-tanya,” tegas salah satu perwakilan massa.
Menjawab aspirasi yang disampaikan, Jaqualina Claudia Wakil Ketua I DPRD mengatakan, aspirasi yang disampaikan akan diterima dan ditindaklanjuti dalam pembahasan di Dewan. Selanjutnya, DPRD juga akan melihat waktu untuk bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19.
Igbal Tanasale selaku Koordinator Lapangan dalam aksi ini, kepada wartawan mengatakan, aksi ini dilakukan dalam rangka mendorong DPRD yang salah satu fungsinya adalah pengawasan agar dapat memanggil Ketua Gugas Tugas Covid-19 Kabupaten Kaimana untuk memberikan pertanggunjawaban sejauh mana realisasi penggunaan dana Covid-19. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed