oleh

Delegasi ICRC Kunjungi Lapas Manokwari dan Serahkan Bantuan Pencegahan Covid-19

MANOKWARI- Mencermati semakin merebaknya wabah virus corona (Covid-19) yang telah menelan banyak korban jiwa dan belum juga menunjukan trend penurunan kasus, tentu saja menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan stakeholder lainnya.

Melihat fenomena di atas membuat Delegasi Regional Komite Internasional Palang Merah (ICRC) bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) memberikan bantuan terhadap penanganan dan pencegahan Covid-19 di beberapa UPT Pemasyarakatan yang ada, salah satunya di Papua Barat.

ICRC menyerahkan bantuan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Manokwari dan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Papua Barat Anthonius Ayorbaba, para pimpinan tinggi pratama (Pimti), pejabat Eselon III dan IV serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Papua Barat yg berada di Manokwari  serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Jalannya kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Asep Sutandar.

Kepala Delegasi ICRC, Alexandre Faite menyampaikan maksud dan tujuan mereka ke Lapas Manokwari guna memberikan bantuan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 pada UPT Pemasyarakatan yang ada di Papua Barat.

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba menyampaikan ucapan terima kasih kepada rombongan ICRC yang telah berkunjung dan membagikan beberapa barang yang digunakan untuk pencegahan Covid-19 pada UPT Pemasyarakatan di Papua Barat.

Adapun item-item yang berikan oleh ICRC kepada beberapa UPT yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat di antaranya sabun batangan, wadah air, penyemprot desinfektan, sarung tangan, masker kesehatan, face shield, termometer contactless, poster, baju pelindung coverall dan masker pakaian.

Bantuan diberikan untuk menciptakan lingkungan UPT Pemasyarakatan pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Papua Barat yang bebas dan terhindar dari penyebaran pandemi Covid-19.

Selain disaksikan secara langsung, kegiatan ini juga ditayangkan secara virtual menggunakan aplikasi zoom sehingga memungkinkan pegawai yang berada di UPT luar Kota Manokwari dapat menyaksikannya.

Rombongan ICRC yang berkunjung ke Lapas Manokwari di antaranya Benoit Chavas selaku Wakil Kepala Delegasi Regional ICRC, Christian Donny Putranto selaku Legal Advisor dan Akademisi ICRC, John T Boestami selaku Direktur Fasilitas Diplomatik Kemenlu RI, Hendre Wahyudi selakubKepala Seksi Perawatan Pencegahan Penyakit Menular Ditjenpas, dan Musa Kamudi selaku Asisten 1/Wakil Ketua PMI Provinsi Papua Barat.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed