oleh

Delapan SD jadi Target KIA Tahun 2019

-Metro-699 views

SORONG-Kartu Identitas Anak (KIA) atau biasa disebut KTP Anak kini mulai gencar disosialisasikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong dikalangan masyarakat. sehingga Disdukcapil menargetkan 2.019 KIA atau KTP Anak yang akan dicetak, untuk sementara di  8 sekolah dasar pada tahun 2019.

“Jadi kami telah mendapatkan 8 sekolah dengan jumlah 2.019 siswa yang akan kami cetak KTP Anaknya. Sebagai perwakilan, penyerahan awal akan kami serahkan di tanggal 17 Agustus 2019 ketika pelaksanaan upacara bendera kepada 17 siswa perwakilan 8 sekolah dan dari 2.019 siswa,” terang Kepala Bidang Perangkat Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong, Muhaimin Jamiun  kepada Radar Sorong.

Ia menjelaskan, 8 sekolah yang telah dipilih merupakan hasil dari sosialisasi yang telah Dinas Dukcapil adakan selama kurang lebih 1 minggu lalu dan dari hasil sosialisasi tersebut rupanya antusias dari masyarakat terutama para guru sangat baik sekali, mengingat setelah mengadakan sosialisasi banyak anak SD mendatangi kantor Dinas Dukcapil.

“KTP anak ini merupakan tanda pengenalan bagi anak dan ini legal sebab sudah diatur dalam Permendagri nomor 2 tahun 2016 tentang KTP Anak,”ujarnya.

Untuk pembuatan KTP Anak sangatlah mudah, bila dibandingkan dengan e-KTP karena persyaratan yang harus dilengkapi anak hanya foto kopi Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, foto kopi KTP orang tuanya dan khusus anak usia 5 tahun ke atas harus melampirkan foto latar biru serta batas usia kepemiliki KTP Anak ini 17 tahun ke bawah.

“Nanti setelah 17 tahun keatas maka anak harus ganti ke e-KTP dengan melakukan perekaman ulang sesuai dengan pembuatan e-KTP pada umumnya,”tandasnya.

 Diakui Muhaimin bahwa  blangko untuk pembuatan KTP Anak sudah tersedia bahkan melebihi jumlah anak, sehingga anak yang di bawah usia 17 tahun bisa mengunjungi Dinas Dukcapil.”Karena anak usia di bawah 17 tahun berdasarkan data di Kota Sorong berjumlah sekitar 25 ribu anak dan kami memiliki blangko KTP Anak melebihi itu,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed