oleh

Danyonmarhanlan XIV Peringkat Pertama

-Metro-648 views

Exebisi Pamen Binsat Korps Marinir Tahun 2019

SORONG – Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XIV Letkol Marinir M. Ali Wardhana, SE, M.Tr Opsla memberikan nama harum terhadap satuan Lantamal XIV, Pasmar-3, dan Yonmarhanlan XIV terutama untuk Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani karena telah menorehkan prestasi yang membanggakan dalam ajang perlombaan Renang Exebisi Pamen Korps Marinir dengan meraih peringkat 1 dari 63 peserta tingkat Kormar seluruh Indonesia dengan jarak 6000 M / 6 Km dalam waktu 0:47:37,20.
  Selain lomba Renang Exebisi Pamen ada juga lomba renang dan dayung, pada perlombaan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM yang bertempat di Lapangan Hellypad Brigif-4 Mar/BS Piabung, Jl. Pematang Awi, Desa Sanggi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran Lampung. 

  Selain Danyonmarhanlan XIV memberikan kebanggaan, disisi lain prajurit Danyonmarhanlan XIV juga turut memberikan nama dalam ajang lomba renang dengan urut 2 dari 47 peserta di seluruh Yonmarhanlan, dan lomba dayung urut 4 dari 47 peserta di seluruh Yonmarhanlan. Suatu kebanggaan dan suatu panutan kedepan Komandan terhadap para prajuritnya, karena dapat memberikan contoh yang luar biasa.
  Dalam kesempatan tersebut Kasal mengatakan Lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir TNI Angkatan Laut pada hakekatnya merupakan barometer dari pola pembinaan satuan yang ada di jajaran Korps Marinir untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembinaan kemampuan dasar prajurit melalui uji keterampilan dan ketangkasan selama periode satu tahun anggaran. Selain itu juga sebagai upaya pembinaan personel untuk mengukur kemampuan dan keterampilan prajurit Korps Marinir dalam melaksanakan pembinaan olahraga perairan yang menjadi ikon prajurit matra laut sekaligus menjaring bibit-bibit olahragawan perairan yang andal dan berprestasi sebagai persiapan dalam menghadapi event perlombaan yang lebihbesar baik di lingkungan TNI, tingkat nasional maupun internasional.

Materi lomba yang dipertandingkan meliputi renang laut 10 km, dayung perahu karet 20 km dan ekshibisi renang laut Pamen Korps Marinir sejauh 6 km. Lomba Binsat diikuti 973 peserta yang terbagi dalam 47 tim renang, 47 tim dayung dan 80 peserta renang ekshibisi Pamen, didukung 94 official dan 500 panitia penyelenggara. Dengan materi lomba tersebut maka diperlukan kesiapan fisik dan mental yang prima dari seluruh peserta untuk dapat menyelesaikan lomba yang cukup menantang dan memacu adrenalin.“Saya yakin, dengan berbekal latihan yang keras dan persiapan maksimal, para peserta lomba akan dapat mengikuti perlombaan dengan torehan prestasi terbaik,” ujar Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

  Lomba Binsat merupakan pembinaan kultural Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk memupuk jiwa korsa dan sebagai wahana menggelorakan Spirit Of The Winner and Spirit Of Togetherness yang menjadi ciri khas dan karakter seorang kesatria yang selalu berjuang gagah berani dan pantang menyerah.

Hasil Lomba Binsat Korps Marinir tahun 2019 cabang renang laut juara pertama direbut Batalyon Taifib 2 Marinir dengan catatan waktu 2 jam 18 menit 40 detik 95 seconds, juara kedua diduduki Yonif 4 Mar dengan waktu 2 jam 21 menit 50 detik 96 seconds dan Yonif 5 Mar sebagai juara tiga dengan catatan waktu 2 jam 22 menit 13 detik 01 seconds. Dayung perahu karet, juara pertama Yonif 6 Mar dengan catan waktu 2 jam 47 menit 27 detik 75 seconds, juara dua Yonif 8 Mar dengan waktu 2 jam 47 menit 40 detik 49 seconds dan juara tiga ditempati Yontaifib 2 Mar dengan catatan waktu 2 jam 52 menit 01 detik 96 seconds, sementara itu untuk renang ekshibisi Pamen juara pertama direbut Letkol Mar Ali Wardana (Danyonmarhanlan XIV Sorong) dengan catatan waktu 47 menit 37 detik 20 seconds, juara dua ditempati Mayor Marinir Kardiman (Pamen Lanmar Surabaya) dengan waktu 49 menit 54 detik 94 seconds dan Mayor Marinir Fernando S. Lumi (Wadanyonif 1 Mar) sebagai juara tiga dengan catatan waktu 51 menit 55 detik 45 seconds.(***/akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed