oleh

Danpasmar 3 Ikuti Peringatan Hari Dharma Samudera

-Kilas-596 views

SORONG-Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi didampingi Ketua Korcab Pasmar 3 Ny. Elis Edi Juardi mengikuti jalannya upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2021, bertempat di Geladak Heli KRI Teluk Lada-521 yang sandar di Dermaga Lantamal XIV Kota Sorong. Jumat (15/1).


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han)., dengan Komandan Upacara Mayor Laut (P) Andi Hermanto, M.Tr.(Opsla) yang kesehariannya menjabat sebagai Dantim Intel Lantamal XIV.
Rangkaian kegiatan diawali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan pelarungan bunga oleh Pangkoarmada III, selanjutnya disambung prosesi tabur bunga kelaut oleh para peserta upacara yang telah hadir.


Dalam amanat KASAL yang dibacakan Pangkoarmada III mengatakan bahwa peringatan Hari Dharma Samudera kali ini pada hakekatnya merupakan refleksi penghargaan yang tinggi kepada seluruh pahlawan samudera nusantara yang telah mengorbankan jiwa dan raga guna merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Peringatan hari Dharma Samudera kali ini sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di Kepulauan Natuna, namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diperairan Kepulauan Seribu, maka saya memutuskan untuk merubah pelaksanaan upacara secara sederhana di Dermaga Kolinlamil Jakarta,”jelasnya.
Perubahan tersebut merupakan wujud empati TNI AL bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan Alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Lebih lanjut dikatakan, TNI Angkatan Laut bersama dengan instansi pemerintah lainnya secara cepat telah mengerahkan segala daya dan upaya berupa Alutsista dan personel dalam pencarian korban, badan pesawat dan Black Box Sriwijaya Air, respon cepat satuan TNI Angkatan Laut yang tergelar di lapangan ini merupakan wujud nyata kehadiran (Sea Presence) TNI Angkatan Laut yang selalu siap siaga dalam memenuhi panggilan tugas.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kas Koarmada III, Ir Koarmada III, Koorsahli Koarmada III, Danlantamal XIV, Danguskamla Koarmada III, Wadan Lantamal XIV, Wadan Pasmar 3, para Asisten Pangkoarmada III, para Asisten Danpasmar 3 dan para Asisten Danlantamal XIV.(**/juh).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed