oleh

Daerah Zona Kuning, Merah Dilarang Laksanakan KBM Tatap Muka

MANOKWARI-Pihak sekolah, SD, SMP dan SMA/SMK diminta untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara during atau online selama semester gasal (Juli-Desember) tahun pelajaran 2020/2021. Sekolah juga dilarang mengumpulkan siswa dalam bentuk apapun termasuk melaksanakan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Barnabas Dowansiba, SPd, MPd menegaskan, Gubernur PB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 420/535/2020) tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan Pendidikan, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Virus Corona (Covid-19). ‘’Pengenalan Lingkungan Sekolah pun melalui daring atau online,’’ tegasnya.

Kadisdik mengatakan, pedoman penyelenggaraan pendidikan ini mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan lahir bathin siswa, guru, kepala sekolah. ‘’Pedomen penyelenggaraan pendidikan ini juga berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas Covid-19,’’ ujar Barnabas Dowansiba kepada Radar Sorong, Rabu (15/7/2020).

Beberapa hal menjadi perhatian dalam penyelenggaraan pendidikan di masa pandemic Covid-19, pertama, pembelajaran secara tatap muka di semua tingkatan hanya diberlakukan pada daerah zona hijau (tidak ada kasus virus corona).

Kedua, untuk daerah termasuk zona kuning, orange dan merah pembelajaran dilakukan dari rumah atau secara daring (dalam jaringan), online atau modul. ‘’Proses belajar dari rumah secara daring atau online atau sejenisnya berlaku selama semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 (Juli-Desember),’’ tegas Kadisdik.

Semua komponen warga di sekolah diharapkan dapat melakukan pengawasan dan memastikan siswa-siswinya melakukan aktivitas belajar dari rumah. Masing-masing kepala daerah (bupati/walikota) juga diminta mengatur satuan pendidikan di zona hijau dalam melaksanakan aktivitas belajar memperhatikan protokol kesehatan.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed