oleh

Curah Hujan Tinggi, Panen Buah Gagal

-Metro-77 views

AIMAS-Petani buah di Kabupaten Sorong yang merugi dikarenakan hasil panen yang membusuk akibat curah hujan yang cukup tinggi sebulan terakhir diakui oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sorong, Johny Penda.

“Iya, memang untuk sekarang ini banyak panen buah yang busuk atau gagal karena curah hujan yang tinggi,” terangnya kepada wartawan, baru-baru ini. 

Selain curah hujan yang tinggi, sebelumnya tempat pertanian buah yang berada di Kabupaten Sorong, hampir seluruhnya merupakan area pertanian padi. Sehingga, lokasi pertanian diakui cukup rendah.

“Lokasi pertanian buah-buahan sekarang ini, dulunya bekas sawah, petani juga sudah kami beritahu sebelum melakukan bertanam,” ucapnya.

Pengalihan pertanian dari padi ke buah-buahan dan sayur-sayuran di Kabupaten Sorong, menurut Johny Penda, salah satunya diakibatkan adanya program Beras Miskin (Raskin) dari pemerintah, yang mana para petani enggan merugi, sehingga dilakukan pengalihan komoditas. “Salah satu penyebab pengalihan komoditas, ini program Raskin dulu, karena petani tidak mau merugi,” ujarnya. 

Johny Penda mengharapkan agar para petani melakukan aktivitas pertanian dengan mengikuti perkiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sehingga petani dapat lebih mengantisipasi kondisi cuaca dan mengurangi tingkat kerugian. 

Karena diakui Johny Penda, irigasi untuk di wilayah pertanian buah-buahan tidak ada, hanya diberikan saluran pembuangan. Dimana, Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah membuat kanal untuk penyaluran air. “Karena kalau irigasi teknis, harus ada bendungan, sementara di sini bendungan cuma di SP 1, untuk sayur-sayuran,” terangnya. 

Meski demikian, untuk mengantisipasi harga pertanian di pasaran, ia mengimbau kepada para petani untuk mengatur pola tanam, sehingga terjadi kontinuitas, dimana harga pasar tetap terjaga dan para petani tidak terlalu merugi. (nam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed