oleh

Cinta Lingkungan, Gunakan Noken Gantikan Kantong Plastik

-Tambrauw-400 views

SAUSAPOR – Pemerintah Kabupaten Tambrauw akan menggunakan Noken sebagai pengganti kantong plastik jika berbelanja di kios, toko maupun swalayan yang ada di kabupaten Tambrauw. Hal tersebut dikatakan Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Asem,SE.MSi kepada wartawan kemarin (21/8).

Bupati mengatakan, hal tersebut sebagai salah satu cara meminimalisir sampah plastik yang ada di Kabupaten Tambrauw. Pasalnya Sausapor merupakan wilayah pantai, sehingga keindahan pantai perlu dijaga.

“Penerapan sistem Noken ini akan dipatenkan lewat Peraturan Bupati yang tengah dirancang dan disusun oleh Bagian Hukum Kabupaten Tambrauw,” jelas Bupati.

Ia menyebutkan, setiap orang yang belanja tidak menggunakan kresek atau plastik tetapi menggunakan Noken untuk mengisi barang belanjaan di kios atau pun toko. Ini akan diperkuat dengan aturan bupati kemudian dibagikan kepada seluruh masyarakat dan kios-kios dan toko.

“Dengan hal ini, nantinya masyarakat akan terbiasa belanja di kios atau pun di toko harus pakai Noken.  Jadi isi barang di Noken,” katanya.

Dikatakannya selain meminimalisir sampah plastic, dari apa yang dilakukan juga sebagai bentuk menjaga lingkungan pantai dan sekitarnya agar terhindar dari pencemaran. Karena lingkungan perlu dirawat dan dijaga sehingga mendukung pengembangan wisata di Kabupaten Tambrauw.

Bupati Tambrauw berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga dapat membiasakan diri menggunakan noken saat berbelanja. (raf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed