oleh

Calon Perwira TNI AL Harus Bermoral Baik

-Metro-128 views

SORONG-Kapal layar tiang tinggi (Tall Ship) TNI Angkatan Laut, KRI Bima Suci sandar di dermaga Lantamal XIV, Kota Sorong, Sabtu (5/12). Kedatangan KRI Bima Suci bersama 81 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lII Angkatan ke-67. Istimewannya, kedatangan puluhan taruna ini langsung disambut oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han).

Kunjungan 81 Taruna AAL (10 diantaranya Taruni) dalam rangka melaksanakan Latihan Kartika Jala Krida 2020. Selama berada di Kota Sorong, segenap Taruna AAL ini juga mendapatkan kuliah umum dari Pangkoarmada III.

Pangkoarmada III menjelaskan, taruna sebagai calon pemimpin Tentara Negera Indonesia (TNI) AL tugasnya adalah hanya belajar, belajar dan belajar. Selain itu, yang terpenting sebagai Periwira AL nantinya harus mempunyai moral yang baik, memiliki loyalitas yang tinggi serta jiwa untuk rela berkorban.

“Saya sangat terkesan dengan taruna angkatan 67 ini karena mereka berani menyampaikan pendapat, berani bertanya dengan kualitas pertanyaannya setingkat Perwira,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

Dalam pemaparan materi, Pangkoarmada III juga menguak sejarah terbentuknya Koarmada III, struktur organisasi, wilayah kerja, tugas dan fungsi Koarmada III. Dimana, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni Divisi-3 Kostrad, Komando Armada III, Koopsau III, dan Pasmar 3 yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., pada tanggal 11 Mei 2018 di lapangan upacara Mako Koarmada III sementara di Bubara, Kota Sorong. Sejak tanggal 16 November 2020, Koarmada III telah menempati Mako sesungguhnya di Katapop, Kabupaten Sorong. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed