oleh

Butuh 7-8 Jam Tembus Maybrat – Manokwari

-Metro-148 views

SORONG– Dampak Covid-19 memaksa pemerintah memutuskan sementara akses transportasi udara maupun laut. Khusus untuk jalur transportasi Sorong – Manokwari dan sebaliknya, nampaknya berdampak positif bagi sopir angkutan Trans Sorong-Maybrat. salah satu sopir yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Valen T.

Saat bincang-bincang dengan Radar Sorong, ia menceritakan, untuk sekali angkut penumpang dari dan atau ke Manokwari pihaknya mematok biaya satu juta tiap penumpang. Sedangkan untuk penumpang carter, dirinya patok sekali angkut 10 juta dengan jarak tempuh 7-8 jam.

“Lumayan, selama Covid ada penumpang yang pakai (carter) ke Manokwari, pulang – pergi bisa dapat Rp 15-17 juta. Kalau sekali angkut 10 juta karena belum tentu ada penumpang balik,” jelasnya.

Sebagai sopir yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun menjelajahi jalan Trans Maybrat-Sorong, dirinnya menceritakan bahwa, dulunya akses jalan Trans Maybrat masih rusak ditempuh dengan waktu 8-9 jam, seiring waktu dilakukan perbaikan sampai dengan pengecoran dan pengaspalan jalan, sampai saat ini jarak Sorong-Maybrat dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih tiga jam.

Dari pengalaman tersebut, lanjut Supir asal NTT itu, bahwa kedepan jika jalan Trans Manokwari – Sorong, atau Manokwari- Maybrat- Sorong Selatan dan sebaliknya di hotmix atau di cor beton maka dari waktu 8-9 jam, sudah bisa ditempuh dengan waktu hanya 4-5 jam. “Kalau jalan Trans Manokwari Sorong atau Maybrat sudah bagus bisa saja ditempuh waktu hanya 4-5 jam sudah bisa sampai” ujarnya.

Selama masa pandemi Covid-19, dirinya sudah 4 kali pulang-pergi Manokwari Sorong dan pendapatannya lumayan besar untuk membiayai sisa utang (kredit kendaraan) sisanya lagi di tabung untuk kepentingan keluarga dan biaya pendidikan anak. Harapannya kepada pemerintah supaya secepatnya melakukan peningkatan perbaikan jalan, sehingga akses transportasi Maybrat-Manokwari tidak lagi turun ke Sorong tetapi dari Maybrat langsung Manokwari. (ris) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed