oleh

Bupati-Wabup Teluk Wondama Dilantik Hari ini

MANOKWARI – Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Teluk Wondama periode 2021-2024, Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy dipercepat. Ditetapkan sebagai bupati-wakil bupati terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Wondama, Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy dijadwalkan akan dilantik oleh Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan pada, Rabu (5/5) hari ini.

Kepastian rencana pelantikan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy sebagai Bupati-Wabup Teluk Wondama disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Otsus Setda Provinsi Papua Barat, Agustinus Rumbino,S.IP,MSi. “Ya benar, besok pagi (Hari ini,red) Bapak Gubernur melantik Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama,” kata Rumbino yang dikonfirmasi Radar Sorong, Selasa (4/5) via sambungan telepon seluler.

Bahkan Selasa (4/5) sore, Hendrik Mambor dan Andarias Kayukatuy telah mengikuti gladi resik di auditorium PKK di Arfai Manokwari. Pelantikan akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIT dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pelantikan bupati-wakil bupati sebelumnya. Walau jadwal pelantikan sudah ditetapkan, namun hingga sore kemarin, Mendagri belum menandantangani SK Bupati-Wabup Teluk Wondama Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy. 

Karo Pemerintahan dan Otsus menegaskan, jajarannya berani mempersiapkan pelantikan karena sudah ada persetujuan secara lisan dari Dirjen Otda Dirjen Otda Kemendagri Drs Akmal Malik,MSi saat berkunjung di Manokwari mendampingi Pansus RUU Otsus DPR RI. “Bapak Gubernur sudah koordinasi langsung dengan Dirjen Otda. Beliau (Dirjen Otda) secara lisan menyampaikan persetujuan pelantikan bupati-wakil bupati Teluk Wondama dilaksanakan 5 Mei 2020,” jelas Karo Pemerintahan.

Atas persetujuan Dirjen Otda tersebut, Pemprov Papua Barat berani mengambil langkah mempersiapkan pelantikan. Rumbino sangat berharap, paling lambat, Selasa malam Mendagri sudah menandantangi SK pengangkatan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy sebagai bupati-wakil bupati Teluk Wodama. “Kalau soal administrasi itu sudah dilaksanakan. Dokumen usulan bupati-wakil bupati sudah dikirim ke Kemendagri, tinggal penerbitan SK pengangkatan,” jelas Rumbino.

Percepatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama ini juga atas permintaan tokoh-tokoh masyarakat. Pertimbangan lainnya, masa jabatan bupati-wakil bupati periode sebelumnya berakhir 17 Februari 2021 lalu, sehingga sudah hampir 3 bulan, Kabupaten Teluk Wondama dipimpin pelaksana harian/pelaksana tugas bupati.

Sama seperti pelantikan bupati-wakil bupati sebelumnya, akan menerapkan protokol kesehatan. Hanya akan dihadiri Forkopimda, di antarana Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda, Kajati, Kabinda, Ketua DPR PB, Ketua MRP PB. Sedangkan dari kabupaten hanya 10 orang yang diperbolehkan masuk ke ruang pelantikan, sudah termasuk bupati, wakil bupati serta istri masing-masing. 

Seperti diketahui, di Teluk Wondama terpaksa digelar pemungutan suara ulang (PSU) di 4 tempat pemungutan suara (TPS) sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil akhirnya, pasangan Mambor-Andarias Kayukatuy yang maju dari jalur independen tampil sebagai pemenang menggungguli 3 kandidat lainnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed