oleh

Bupati Usulkan 3 Nama Calon Sekda

SORONG – Bupati Maybrat Drs Bernard Sagrim, MM mengusulkan 3  nama dari 6 peserta seleksi  ­jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama ­Sekda Kabupaten Maybrat. Tiga nama tersebut disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berdasarkan urutan abjad yakni  Jhoni Way, S.Hut,M.Si, Viktor F Salossa, S.Pd, ST,MT dan Dr. Yonadab Sraun, S.Hut,SH, M.Si. 

 Nama tiga besar seleksi JPT ­Sekda tersebut ditentukan berdasarkan urutan peringkat tertinggi yang akan diserahkan kepada  Komisi Apa­ratur Sipil Negara Republik Indonesia di Jakarta melalui Surat Bupati Maybrat Nomor : 800/52/BUP-MBT/VI/2020 tanggal 11 Juni 2020 tentang Laporan Pelaksanaan Seleksi ­Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten ­Maybrat.

 Bupati Maybrat melalui ­Kepala BKPSDM Kabupaten Maybrat yang diwakili oleh Kabid Pengadaan dan Mutasi BKPSDM Kabupaten Maybrat,  Ismail, S.IP menjelaskan bahwa Bupati Maybrat mengusulkan 3 nama sesuai dengan urutan peringkat tertinggi ke Komisi Aparatur Sipil Negara Repub­lik Indonesia di Jakarta melalui Surat Bupati Maybrat Nomor : 800/52/BUP-MBT/VI/2020.

”Hal ini berdasarkan berita acara panitia seleksi JPT Pratama Sekda Kabupaten ­Maybrat tentang rekapitulasi akhir penilaian terhadap seleksi wawancara, penulisan makalah dan rekam jejak peserta seleksi JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Maybrat,” jelasnya kepada Radar Sorong, Minggu (14/6).

 Selanjutnya, sambung Kabid Mutasi BKSDM Maybrat, setelah mengajukan 3 besar ke KASN, maka akan ditentukan 1 calon Sekda yang terpilih untuk dilantik sebagai sekda definitif yang rencananya akan dilaksanakan Rabu lusa ­tanggal 17 Juni 2020. “Namun sesuai dengan petunjuk KASN, ­Bupati Maybrat akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Guber­nur Papua Barat sebelum memasuki tahapan penetapan atau pelantikan Sekda ­terpilih,” terangnya.

 Keseluruhan proses tahapan seleksi Sekda  hingga pelantikan dilaksanakan dengan mempedomani UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Serta Surat Edaran Menteri PAN-RB nomor 52 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengi­sian JPT secara terbuka dan kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah dalam kondisi kedaruratan kesehatan masya­rakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mengatur tentang teknis pelak­sanaan seleksi secara daring dalam masa covid-19 dan Surat ­Edaran BKN Nomor : 10/SE/IV/2020 tentang Pelantikan dan Pengam­bilan Sumpah atau Janji PNS atau Sumpah/Janji Jabatan Melalui Media Elektronik/Teleconference pada sasa status keadaan tertentu darurat bencana wabah penya­kit akibat Virus Corona.

 Sementara itu sebelumnya, Bupati Maybrat, Bernard ­Sagrim juga memastikan telah mengan­tongi  3 nama dari 6 nama calon Sekertaris Daerah ­(Sekda) hasil uji kelayakan dan ­kepatutan (fit and propertest) Panitia Seleksi  Jabatan Tinggi Pratama (JPT) calon Sekertaris Daerah Kabupaten Maybrat.     ” Dari tiga nama, tinggal saya putuskan siapa, jadi tunggu saja,” tandas bupati seraya menambahkan masyarakat menunggu saja, yang pasti satu nama sekda yang telah diputuskan akan segera ­dilantik.

  Disinggung rencana pelantikan Sekda definitif Kabu­paten Maybrat,  dikatakan bupati  bahwa masa jabatan Pejabat Sekda Maybrat Ferdinandus Taa, SH.M.Si sesui TMT pelan­tikan sampai dengan 17 Juni 2020, sehingga sesui keten­tuan, Sekda definitif harus dilantik pada tanggal yang bersamaan. ” Paling tidak sampai dengan tanggal 17 Juni, sekda definitif sudah harus dilantik,” ucap Sagrim. 

  Menyinggung  soal kemung­kinan Sekda yang akan ­dilantik nanti adalah representasi keterwakilan dari wilayah Aitinyo karena jabatan bupati representasi dari Ayamaru, wakil bupati dari wilayah Aifat, ­kembali  Bupati belum mau menyebutkan. ” Sudah pokok­nya tunggu saja, pokoknya kita akan lantik segera,”imbuh  Bupati Maybrat Bernard ­Sagrim.

 Seperti diketahui. dalam ­seleksi Jabatan Pimpinan ­Tinggi  Pratama calon Sekda Kabu­paten  Maybra, 6 nama calon Sekda yang bertarung yakni Dr. Yonadab Sraun, S.Hut, SH,M.Si, Jhoni Way, S.Hut, M.Si,  Albert Nakoh, S.Pd., MM, Viktor F. Salossa, S.Pd, ST,MT, Yance Ambaho, SE, M.Si, dan  ­ ­Stevanus Kocu S.St.Pi,M.Si. (juh/ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed