oleh

Bupati Sorsel Dilantik 26 April

MANOKWARI – Sudah dapat dipastikan, pelantikan Bupati-Wakil Bupati Sorong ­Selatan, Fakfak dan Kaimana hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 akan dilaksanakan 26 April 2021. Gubernur Papua Barat akan melantik ketiga pasangan bupati-wakil bupati terpilih tersebut di Manokwari, ibu kota provinsi.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, Agustinus Rumbino,SIP,MSi kepada wartawan, mengatakan, kepastian pelantikan Bupati Sorong Selatan, Fakfak dan Kaimana pada 26 April 2021 berdasarkan Surat Mendagri Nomor : 131/1921/Otda, tertanggal 25 Maret 2021. Pelantikan dilaksanakan secara tatap muka atau hybrid dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Dalam Surat Mendagri telah diatur tentang tatacara pelantikan secara teleconference maupun tatap muka/hybrid. Pelantikan tatap muka dilaksanakan di kantor gubernur hanya dihadiri gubernur dan pasangan bupati-wakil bupati serta istri. Sedangkan Forkopimda, DPRD, keluarga dan tokoh masyarakat dapat menyaksikan secara virtual di kabupaten masing-masing.

Seperti diketahui, pemenang Pilkada Sorong Selatan, pasangan Bupati-Wakil Bupati Samsudin Anggiluli dan Alfons Sesa, pemenang Pilkada Fakfak pasangan Untung Tamsil – Yohana Dina Hindom, dan Pilkada Kaimana dimenangkan pasangan Freddy Thie-Hasbulla Furuada.

Sementara untuk pelantikan Bupati-Wakil Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw dan Matret Kokop masih menunggu akhir masa jabatan periode 2016-2021 pada 17 Juni 2021. Pasangan Petrus Kasihiw dan Matret Kokop saat ini masih menjabat sebagai Bupati-Wabup Teluk Bintuni periode 2016-2021. Untuk pelantikan Bupati-Wakil Bupati Teluk Wondama, menunggu hasil Pilkada. Teluk Wondama akan melaksanakan PSU (Pemungutan Suara Ulang) di 4 TPS (Tempat Pemungutan Suara) berdasarkan Keputuasn Mahkamah Konstitusi. PSU akan digelar tanggal 8 April 2021.

Rumbino mengatakan, tak menutup kemungkinan Bupati-Wakil Bupati Teluk Wondama dapat dilantik pada 26 April. Itupun sangat tergantung pada Keputusan MK nanti.  “Untuk Teluk Wondama kalau cepat bisa ikut pelantikan tanggal 26 April. Setelah PSU hasilnya dibawa ke MK. Kalau MK cepat mengeluarkan keputusan, maka bisa diproses pengusulannya di Kemendagri. Ya, tergantung putusan MK saja, kalau terlambat maka pelantikan baru bisa dilaksanakan tahap ketiga,” jelasnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed