oleh

Bupati Siapkan Kotak Pengaduan

SORONG-Pemerintah Kabupaten Maybrat melalui kebijakannya telah menyedikan kotak pengaduan khusus guru dan tenaga kesehatan di Kabupaten Maybrat. Kotak pengaduan dan saran tersebut ditempatkan di tiga lokasi yakni untuk wilayah Aifat Raya akan ditempatkan di Kumurkek, untuk wilayah Aitinyo Raya di pusatkan di Ibukota Distrik Aitinyo, serta untuk wilayah Ayamaru dan Ayamaru Utara Raya ditempatkan satu kotak pengaduan di Ayamaru. Demikian dikatakan Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim,MM di Kumurkek, baru-baru ini.

Kotak pengaduan sengaja disiapkan oleh Bupati Maybrat supaya para guru dan tenaga kesehatan dapat menyampaikan keinginan atau aspirasinya langsung ke bupati. “Mungkin karena selama ini mereka mau sampaikan keluh kesah mereka tetapi takut ditekan oleh kepala dinas, atau pejabat di dinas, kotak ini sengaja disiapkan supaya mereka diam-diam sampaikan keluhan mereka melalui catatan. Tidak perlu tulis nama, cukup sebut nama profesinya saja, guru atau kesehatan,” kata Sagrim.

Kotak pengaduan yang sengaja disiapkan khusus untuk menyampaikan keluhan terkait pekerjaan kedinasan. “Mungkin masalah ULP, gaji yang mungkin dibayar lambat, menyangkut urusan kepangkatan yang mungkin dipersulit dan sebagainnya. Kotak pengaduan ini bukan untuk menyampaikan keluhan yang sifatnya privasi keluarga, denda adat atau masalah-masalah lain yang diluar urusan kedinasan,” tandasnya.

Pengaduan yang diterima, nantinya dikaji kebenarannya, melakukan inspeksi diam-diam ke OPD yang bersangkutan. Kalau benar ada pejabat dinas yang sengaja mempersulit hak-hak dari para guru dan atau tenaga kesehatan, konsekuensinya jabatan dicopot. “Konsekuensinya jabatan dicopot diberikan kepada pejabat yang benar-benar mau melayani,” tegas Sagrim.

Ditambahkannya, guru dan tenaga kesehatan menjadi prioritas karena dua profesi ini berperan penting dan bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat. “Bagaimana mereka mau kerja maksimal mencerdaskan generasi kita orang Maybrat, kalau kesejahteraan mereka sendiri tidak diperhatikan,” ucap Sagrim sembari mengatakan sudah memerintahkan stafnya agar dalam bulan ini kotak pengaduan sudah siap di tiga lokasi yang sudah ditentukan. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed