oleh

Bupati Serahkan Sembako Bentuk BPNT

-Metro-284 views

AIMAS – Pemerintah Kabupaten Sorong kembali mendistribusikan paket sembako dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pendistribusian tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,SH, MSi kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Halaman Kantor Cabang BRI SP II Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Senin (4/5). 

Dijelaskan Bupati Sorong, BPNT merupakan program sinergitas pemerintah pusat dan daerah guna membantu masyarakat dalam mengurangi beban hidup, khususnya di tengah pandemic Covid-19. BPNT dijelaskan Bupati, merupakan transformasi dari program rastra yang diharapkan dapat lebih tepat sasaran. 

“Program BPNT merupakan program transformasi dari rastra, program ini memastikan  agar seluruhnya dapat tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas dan tepat administrasi,” katanya. 

BPNT sendiri dilakukan secara bertahap sejak 2017, yang diteruskan hingga ke wilayah yang memiliki keterbatasan dari sisi infrastruktur non tunai, jaringan telekomunikasi dan akses geografis. 

Bupati Sorong juga mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sorong, termasuk Dandim 1802 dan Kapolres Sorong yang telah bersinergi untuk mmemberikan pertimbangan terkait kebijakan yang berkaitan langsung dengan masyarakat di Kabupaten Soorng. 

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong, Amatus Turot, S.Hut.,M.Si menjelaskan, BPNT merupakan bantuan pangan sosial yang disalurkan dalam bentuk non tunai. Dimana, penggunaannya melalui uang elektronik yang hanya dapat digunakan di E-warung untuk mencairkan bahan pokok sembako. 

“Total saldo per KKS senilai Rp 200.000. Saldo ini yang bisa ditukar dengan sembako di E-Warung yang telah bekerja sama dengan pemerintah menggunakan ATM BRI. Jadi, tidak dapat ditukar atau dicarikan dalam bentuk uang,” ujarnya. 

Adapun total KPM sejak tahun 2019 di Kabupaten Sorong berjumlah 7971 dengan rincian, total penerima BPNT regular berjumlah 5677 sementara dan Program Keluarga Harapan (PKH) 2204. 

Dari jumlah KPM yang ada, 1270 telah memperoleh KKS sejak tahun 2019. Sementara itu, 4497 KPM dalam minggu ini akan memperoleh pendistribusian KKS yang dilakukan langsung melalui tingkat kelurahan. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed