oleh

Bupati Serahkan BST Rp 2 M

-Metro-77 views

SORONG – Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru SH, M.Si secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp 2 miliar untuk kepentingan berbagai pelayanan keagamaan di Kabupaten Sorong (Kabsor), Selasa (24/11). Dana yang bersumber dari ­pemotongan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP) dari para ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sorong tersebut, juga bakal digunakan untuk menyantuni kaum disabilitas, lansia, yatim piatu serta masyarakat kurang mampu yang belum pernah menerima bantuan ­apapun.
Pemotongan TPP ASN ini merupakan kebijakan khusus yang diambil bupati untuk menanggulangi wabah covid-19 di Kabupaten Sorong. Sesuai dengan prinsip hidupnya, bupati yakin bahwa Tuhan pasti memberkati setiap hambanya yang mau memberi.
”Saya minta ASN sisihkan hasil yang mereka punya karena prinsip hidup saya adalah siapapun yang memberi pasti diberkati.
Jadi mari kita sama-sama berdoa agar kita semua juga diberkati,” kata bupati dalam sambutan singkatnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot menjelaskan bahwa dari nominal Rp 2 miliar tersebut, sesuai hasil rapat Dinsos bersama Sekda dan Wabup bahwa setiap penerima akan mendapatkan BST sebanyak 1 juta rupiah.
”Hari ini untuk pelayan beragama protestan sebesar 2 miliar. dari nominal 2 miliar setelah mereka berembuk sendiri maka diputuskan 1 miliar akan diberikan untuk GKI 1 miliar, dan 1 miliar lagi untuk denominasi gereja yang lain. Dari GKI diserahkan 500 juta untuk bakal Klasis Malamoi dan 500 juta untuk Raja Ampat Tengah. Dari 2 miliar belum termasuk disabilitas dan panti asuhan. Serta belum termasuk BST untuk 400 orang pelayan agama Katolik senilai 400 juta,” beber Kadis Sosial.
Mekanisme pembayaran BST nantinya akan ditransfer oleh Bank Papua. Sementara untuk masyarakat yang tidak memiliki rekening, BST-nya akan dititipkan dan Bank Papua yang akan membayarkan secara langsung. Sebab tugas Dinsos hanya sebatas mendampingi.
Menutup sambutannya, Kadis Sosial menyampaikan besar rasa terima kasih kepada bupati yang telah menginisiasi kebijakan ini. Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh ASN yang telah berpartisipasi menyisihkan TPP untuk mendukung kegiatan sosial di Kabupaten Sorong.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed