oleh

Bupati Minta Warga Peduli Kebersihan

AIMAS- Untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap masalah kebersihan lingkungan, OPD teknis di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sorong turun ke jalan untuk membersihkan sampah dalam giat jumat bersih, Jumat (11/9). Bupati Sorong, Dr. Johny kamuru, SH, M.Si menilai sejak pemerintah berkomitmen terhadap masalah penanganan sampah, wajah Kabupaten Sorong terlihat lebih bersih.

Kendati pelaksanaan jumat bersih terbukti efektif dan berhasil merubah wajah Kabupaten Sorong, namun Bupati tak menghendaki OPD akan rutin terjun untuk membersihkan sampah di jalan-jalan. Menurut Bupati, OPD seharusnya lebih fokus kepada sosialisasi sementara pelaksanaannya seharusnya dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“OPD harusnya lebih kepada memberikan sosialisasi, jika hari ini OPD turlap ini hanya sebagai aksi, kami memberikan contoh kepada masyarakat. Tujuannya tentu untuk membangun kesadaran masyarakat, khususnya kepada para pelaku usaha untuk fokus terhadap masalah kebersihan ini. Tidak mungkin jumat bersih dilakukan terus menerus oleh pemerintah,” jelas Bupati.

Dikatakan Bupati, permasalahan sampah di Kabupaten Sorong baru muncul pada beberapa bulan terakhir. Namun hal tersebut bukan dikarenakan petugas kebersihan tidak efektif dalam menjalankan tugas, melainkan karena keterbatasan armada dan perangkatnya. Ke depannya, permasalahan tersebut sudah terjawab, Bupati optimis bahwa Kabupaten Sorong akan semakin baik lagi.

“Petugas kebersihan selama ini bukan tidak efektif, hanya karena terkendala perangkat dan armadanya yang terbatas. Kalau kedepan masalah itu sudah teratasi, saya pikir sudah bisa jalan normal. OPD turun ke jalan bukan karena kewajiban pemerintah, ini adalah tanggung jawab bersama. Sekali lagi, bahwa tujuannya adalah untuk membangkitkan kesadaran masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong demi terciptanya wajah yang lebih baik lagi,” tukas Bupati. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed