oleh

BST 6 Distrik Disalurkan

-Metro-1.018 views

TIMIKA – Kantor Pos Timika mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama yang dimulai sejak Rabu (27/5) kemarin. Enam distrik yang ada di wilayah perkotaan menjadi fokus awal pembagian BST.

Kepala Kantor Pos Timika, Ronald Luarmasse kemarin menjabarkan, pelaksanaan pembayaran BST secara keseluruhan diberikan kepada 16 distrik dengan jumlah sekitar 2.675 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan enam distrik wilayah perkotaan sendiri mencapai 2.556 KPM. Artinya 119 KPM berada di wilayah pegunungan dan pesisir.

Rencananya, BST yang besarannya mencapai Rp 600 ribu per KPM tersebut akan disalurkan hingga pada 5 Juni 2020 mendatang. Nantinya akan ada lagi hingga tiga gelombang yang jadwalnya masih akan ditentukan kemudian. Atau secara keseluruhan, jumlah BST dalam tiga gelombang tersebut berjumlah total Rp 1,8 Juta per KPM untuk 2.675 KPM tersebut.

“Iya jumlah total itu untuk keluarga yang terdaftar. Sedangkan apakah nanti ada penambahan data penerima itu kami belum tahu. Yang jelas, yang kita diperintahkan untuk salurkan itu sesuai data yang kami pegang,” ujarnya

Data penerima manfaat itu disebutnya berasal dari pusat yakni Kementerian Sosial yang diberikan ke kantor Pos Pusat. Nantinya Kantor Pos Pusat membagikan data penerima manfaat di masing-masing wilayah. 

“Terus terang memang datanya kami terlambat terima makanya baru hari ini terlaksana penyalurannya. Datanya baru kami terima hari Minggu sekitar tanggal 17. Setelah itu kami masih harus bahas dengan pihak terkait seperti Pemda Mimika, Dinas Sosial dan aparat keamanan untuk teknis penyalurannya,” ungkapnya.

Disisi lain ia menyampaikan, pihaknya masih akan mencari cara untuk menyalurkan BST ke distrik di pegunungan dan pesisir. Pilihan sementara yang tersedia menurutnya adalah menunggu bantuan hingga masuk ke tahap ketiga dan kemudian menyalurkannya. 

“Cuma kami belum tahu seperti apa penyalurannya. Apakah harus kesana atau melalui kepala distrik. Sebab ada distrik yang hanya satu penerimanya yakni di Distrik Mimika Barat Tengah, dan hanya ada dua penerima di Distrik Agimuga,” ungkapnya.

“Kami akan fokus di sini (perkotaan) dulu baru mungkin pegunungan sama pesisir. Sementara kami akan menunggu hingga bantuan dalam tiga gelombang terkumpulkan baru kami salurkan ke sana. Karena kalau langsung sekarang, operasionalnya lebih tinggi,” sambung Ronald.

Ia memastikan, BST hanya disalurkan melalui satu pintu, yakni melalui Kantor Pos Timika di Jalan Yos Sudarso. Hal itu untuk sekaligus memudahkan pemantauan aparat keamanan dalam pelaksanaan penyalurannya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed