oleh

BPOM: Produk Tirmas Harus Ditarik dari Peredaran

-Berita Utama-2.085 views

AIMAS – Pemberhentian Sementara Kegiatan (PSK) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terhadap salah satu perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), PT. Tirmas dilakukan hingga perusahaan memenuhi seluruh kekurangan yang ada pada perusahaan tersebut. “Sengaja dihentikan sementara hingga perusahaan memperbaiki temuan-temuan yang ada,” ujar Kepala Loka BPOM, Nur Dani Widyo Utomo di ruang kerjanya, kemarin (24/1). 

  PSK yang dilakukan terhadap perusahaan Tirmas, tidak hanya untuk AMDK tetapi juga Air galon yang diproduksi. Karena beberapa hal yang ditemukan dalam pengawasan rutin yang dilakukan oleh BPOM setiap tahunnya, dimana ditemukan sarana pra sarana yang kurang memadai, pasokan air, pengendalian terhadap kualitas produk dan sanitasi yang masih kurang memenuhi standar, sehingga diharapkan dapat dilengkapi lebih dulu sebelm kembali melakukan produksi. “Kebersihan terhadap hasil produksinya perlu diperhatikan, laboratorium mereka miliki tapi tidak difungsikan sebagaimana mestinya,” terangnya. 

  Sementara itu, sesuai dengan prosedur yang ada, perusahaan yang menerima PSK diharapkan dapat menarik seluruh hasil produksi yang telah diedarkan ke supermarket ataupun toko-toko, sehingga tidak diedarkan ke masyarakat. Loka BPOM sendiri berencanan untuk melakukan pengecekan ke sarana distribusi untuk memastikan hasil produksi telah ditarik dan masih tersimpan di perusahaan dan tidak diedarkan kembali ke masyarakat. 

  “Kita akan lakukan pengecekan lagi ke perusahaan untuk melihat hasil produksinya tidak diedarkan lagi ke masyarakat,” pungkasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed