oleh

BPN Optimis Terbitkan 4.400 Sertifikat

-Metro-405 views

AIMAS – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sorong, Subur Maksun, S.SiT optimis bisa merampungkan penerbitan 1.000 sertifikat redistribusi dan 3.400 sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun ini. Hal tersebut, kata dia, tentu tak terlepas upaya pemerintah daerah yang juga turut memberikan dukungan dengan dibentuknya tim khusus guna percepatan pemetaan aset, yakni Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

“Kami optimis di akhir tahun nanti kami bisa menyelesaikan 100 persen dari apa yang ditargetkan pemerintah kepada kami, apalagi nantinya tentu akan sangat terbantu oleh adanya tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). Ini adalah bukti keseriusan dukungan pemerintah Kabupaten Sorong kepada kami guna percepatan pencapaian target itu,” ujarnya.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya menaksirkan pada bulan-bulan April BPN Kabupaten Sorong paling tidak harus bisa mencapai 30 persen terlebih dahulu. Oleh karenanya, beberapa stafnya yang saat ini masih dalam masa karantina karena terpapar covid-19 pun, tetap bekerja keras mengupayakan hal tersebut meski harus Work From Home (WFH).

Dikatakannya, dalam proses pencapaian target tersebut tentu saja ada beberapa faktor yang menjadi penghambat, misalnya kondisi pandemic yang membatasi ruang gerak. Selain faktor pandemic, hal lain yang juga menjadi alasan terkendalanya pekerjaan sertifikasi tanah di Kabupaten Sorong, datang dri masyarakat itu sendiri.

“Kendala yang datang dari masyarakat misalnya, karena bidang lahan mereka belum memiliki patok atau batasan-batasan. Kemudian sebagian mereka juga surat tanahnya belum lengkap, bahkan ada yang tidak ada sama sekali. Sehingga kami perlu mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi dokumen itu. Kalau seandainya bidang tanah dan batasannya sudah jelas tersedia, dokumennya juga ada, tentu lebih cepat bagi kami untuk melakukan penerbitan sertifikat,” tuntasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed