oleh

BPN Kaimana Serahkan 300 Sertifikat Gratis ke Masyarakat

KAIMANA – Badan Pertanahan Kabupaten (BPN) Kaimana secara simbolis telah menyerahkan 300 sertifikat tanah gratis kepada masyarakat penerima, di Aula Kantor Distrik Kaimana Kota, Senin (9/10). Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis ini juga, sebelumnya telah dilakukan secara nasional oleh Presiden RI Jokowi melalui penyerahan 1 juta sertifikat tanah gratis.

Penyerahan 300 sertifikat tanah tersebut merupakan program pemerintah pusat. BPN Kaimana, telah memiliki target terkait dengan jumlah penerima sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Namun karena kondisi Covid-19, sehingga berpengaruh kepada target penerima sertifikat tersebut.

“Untuk Kaimana Ini pertama kali penyerahan sertifikat PTSL, karena Covid-19 jadi target kami menurun. Sehingga hanya 300 sertifikat saja, yang dibagikan. Selain penyerahan sertifikat tanah, kami juga menyerahkan sebanyak 322 peta bidang tanah,” jelas kepala kantor Pertanahan Kaimana, Agustinus Palesang, S.Ip kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (10/11).

Dikatakan Agustinus, untuk proses penerbitan sertifikat tanah pihaknya tidak memungut biaya administrasi. Namun ada biaya administrasi yang dibebankan kepada penerima dan harus dibayarkan di Dinas Pendapatan Kaimana.

“Kalau kami tidak ada biaya atau gratis, namun ada biaya BPHTB yang ditetapkan oleh Dispenda. Karena dari pemerintah daerah Kaimana, sudah ada perda,” katanya.

Target penerima kata Agustinus, pihaknya belum memutuskan untuk menentukan target penerima sertifikat tanah gratis ini. Sehingga dirinya sangat berharap, kepada kepala-kepala kampung pemilik tanah ulayat yang akan membuat sertifikat gratis, pihaknya membuka ruang.

“Untuk tahun depan, kami belum memastikan target penerimanya berapa banyak. Kami berharap juga, kepala-kepala kampung pemilik tanah ulayat dan tanah adat, kami siap membantu jika ada tanahnya yang akan disertifikatkan. Sehingga dari saat ini, sudah bisa mengajukan permohonan,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed