oleh

BPN Kabsor Terapkan HTE

-Metro-66 views

AIMAS– Hasil dari tetap berkantor selama penetapan libur diawal pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan penerapan Work From Home (WFH) serta Work From Office (WFO), Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sorong (Kabsor) menjadi yang pertama mengeluarkan Hak Tanggungan Elektronik (HTE) untuk wilayah Papua dan Papua Barat. 

“Alhamdulillah, terhitung pada bulan Mei, BPN Kabupaten Sorong berhasil mengeluarkan HTE pertama di Papua dan Papua Barat, tapi sekarang BPN di Papua Barat juga sudah berhasil melakukan itu,” ungkap Kepala BPN Kabupaten Sorong, Subur S.Si.T kepada Radar Sorong di Ruang Kerjanya, Selasa (16/6). 

Dijelaskan Subur, sejak tahun lalu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang telah menginisiasi HTE tersebut. Februari 2020 telah diperintahkan pula untuk pemberlakuan HTE pada Juni 2020, sehingga seluruh BPN diharapkan mulai mempersiapkan  HTE pada Maret 2020. 

“Dengan HTE ini, saya tidak lagi menandatangani sertifikat Hak Tanggungan, karena tanda tangan saya sudah didaftarkan ke Badan Siber dan Sandi Negara,” ucapnya. 

Kelebihan dari pemberlakuan HTE yakni, data hak tanggungan dapat tersimpan secara elektronik dan lebih abadi, biaya untuk pengurusan tersebut dapat lebih transparan, waktu penyelesaian juga lebih tepat waktu dan biaya negara dapat lebih diminimalisir. 

“Apalagi di Covid-19 ini, kami bisa lebih menerapkan social distancing, biaya negara dapat lebih banyak dipangkas, karena kalau Hak Tanggungan biasa, ada biaya blanko dan ATK, sertifikat juga tidak beredar kemana-mana,” ucapnya. 

Dengan adanya HTE, ketiga instansi seperti BPN, Perbankan dan PPAT tidak perlu lagi bertatap muka, karena seluruhnya dilakukan secara elektronik. “Jadi tidak perlu bertatap muka, permohonan dikerjakan oleh PPAT, dikirim secara elektronik ke Bank dan dari Bank ke Pertanahan dikirim secara elektronik,”pungkasnya. (nam) 

\

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed