oleh

BPJS Kesehatan Beri Relaksasi Iuran

-Ekonomi-78 views

Demi meringankan beban ekonomi masyarakat di masa pandemi, berbagai instansi berbondong-bondong melahirkan terobosan baru dengan sistem relaksasi. Tak hanya perbankan dan leasing saja, kali ini program relaksasi juga diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
Program relaksasi ini berhak didapatkan bagi peserta BPJS Kesehatan sektor mandiri maupun pekerja yang sudah menunggak pembayaran iuran selama lebih dari 6 bulan.
“Peserta yang nunggak lebih dari enam bulan, cukup membayar selama 6 bulan saja. Kemudian kepesertaannya akan aktif kembali,” tutur Sukris Setyobudi selaku Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sorong saat menggelar temu akrab ‘Ngopi Bareng’ bersama awak media.
Caranya, peserta bisa mengajukan relaksasi dengan menghubungi call center 24 jam BPJS Kesehatan di 1500400 atau bisa langsung datang dan menemui petugas di kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Alternatif lain, juga bisa dilakukan dari rumah dengan cara mengakses aplikasi Mobile JKN.
Setelah peserta mengajukan relaksasi dan membayar tunggan iuran selama 6 bulan, selanjutnya sisa dari tunggakan yang telah dibayarkan bisa dicicil dan dibayarkan bertahan hingga Desember 2021 mendatang.
“Ini terobosan dari BPJS Kesehatan. Gampang sekali caranya untuk mengajukan relaksasi,” ujar Sukris.
Peserta yang sudah mendapatkan relaksasi dapat kembali menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun akan dikenakan denda pelayanan ketika yang bersangkutan harus menjalani rawat inap dalam kurun waktu kurang dari 45 hari usai melunasi tunggakan. Sedangkan untuk pasien rawat jalan tidak dikenakan denda apapun.
“Denda pelayanan diterapkan setelah 45 hari sejak setelah melunasi tunggakan. Artinya kalau dalam jeda 45 hari masuk keluar rawat inap, maka dia akan terus kena denda,” jelasnya.
Sukrin berharap terobosan baru dari BPJS Kesehatan ini bisa membantu masyarakat yang terdampak covid-19, atau para pekerja yang telah di-PHK akibat pandemi dan telah menunggak lama terhadap pembayaran iuran BPJS Kesehatan. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed