oleh

BPBD Bentuk Tim Khusus Tanggap Banjir

-Metro-137 views

AIMAS – Musim penghujan yang sudah mulai dirasakan di Kabupaten Sorong membuat BPBD Kabupaten Sorong menguatkan perannya dengan membentuk tim khusus Gugus Siaga Tanggap Banjir. Tim besar ini merupakan gabungan dari berbagai instansi yang fokus pada penanganan bencana baik internal BPBD sendiri, TNI, POLRI maupun Basarnas. Tak hanya itu tim ini juga didukung oleh stakeholder lain yakni BMKG dan masyarakat juga ikut dilibatkan.

Kepala BPBD Kabupaten Sorong, Aminadab Lobat, S.An, M.Si menerangkan tim ini dibentuk khusus untuk mengantisipasi adanya banjir yang merupakan bencana dengan potensi paling besar yang mungkin terjadi di Kabupaten Sorong.

PMB OPBJJ-UT Sorong

”Tim ini kami bentuk karena daerah kami memiliki potensi besar terhadap bencana banjir. Apalagi ketika turun hujan dengan intensitas yang tinggi selama 1 atau 2 jam saja sudah pasti air akan mengenang, inilah yang jadi fokus kami,” jelas Aminadab.

Sejauh ini kegiatan operasi yang dilakukan oleh tim Gugus Siaga Tanggap Banjir yakni dengan melakukan pemantauan secara intensif ketika hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Sorong.

”Manakala sudah terjadi hujan deras maka tim kami pasti akan jalan melakukan pemantauan, bahkan jika ada laporan dari masyarakat terhadap adanya potensi bencana tim pasti akan langsung turun ke TKP dan segera berkoordinasi dengan BMKG untuk menanyakan terkait ramalan cuaca,” bebernya.

Selain itu, lanjutnya, Tim juga memantau pasang surut air laut untuk selanjutnya menginformasikan kepada masyarakat jika memang akan ada potensi terjadinya bencana. Sementara itu untuk hal-hal lain yang lebih rawan akan dikoordinasikan dengan pelaksana teknis terkait seperti Dinas PUPR. Aminadab bersyukur sebab dalam setiap tugas dirinya selalu mendapatkan respon yang amat baik dari Bupati.

”Semua laporan yang kami berikan kepada dinas teknis maupun laporan yang diterima langsung oleh Bupati, pasti ditindaklanjuti. Jadi setiap ada kejadian di manapun, Bapak (Bupati) pasti turun dan cek lokasi tersebut. Beliau melihat keadaan dan langsung menunjuk tim teknis mana yang harus menyelesaikan pekerjaan tersebut. Inilah dukungan terkuat yang kami dapatkan dari Kepala Daerah,” tandasnya.(ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed